Selasa, 07 Mei 2019

5 Tempat Bukber Favorit di Tanjung




Memasuki bulan Ramadhan biasanya agenda buka bersama semakin ramai diperbincangkan. Baik itu yang pasti terlaksana, ataupun wacana forever.

Memang hanya di bulan Ramadhan saja, teman yang tak pernah berjumpa jadi bertemu lagi, yang hampir tak pernah bertegur sapa jadi sedikit akrab, yang sudah berhasil melupakan jadi teringat kembali. Eaaaa, ini sih gagal move on namanya.

Intinya, cuma di bulan Ramadhan tali silaturahmi semakin dipererat dengan adanya agenda bukber ini.

Lalu, aku ingin membahas tentang  tempat bukber yang ada di kota Tanjung, salah satu ibukota kabupaten paling utara dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Di Tanjung sendiri ada banyak sekali rumah makan dan kafe yang bisa dijadikan tempat bukber, tapi gak mungkin kan aku list semuanya, bisa sampai lebaran nggak selesai selesai. Fiuuuuh...

Makanya aku cuma list 5 tempat bukber favorit di Tanjung. Setelah melalui berbagai pertimbangan keluarlah list berikut sebagai hasilnya.

1.       Wong Solo
Rumah makan yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia dengan motto ‘Halalan Thaiyyiban’ ini kalau udah bulan Ramadhan penuh banget. Pas awal awal Ramadhan sih masih biasa aja, tapi begitu memasuki minggu kedua bulan Ramadhan mulailah meja meja yang sudah dipesan itu bermunculan. Biasanya yang bukber disini para alumni sekolah, terus keluarga besar gitu, sama para pekerja baik di lingkungan perusahaan swasta dan pemerintahan.

Makanya spesial bulan Ramadhan, penambahan tenda dilakukan. Kalo dulu, masih tenda lepas-pasang, sekarang udah pakai yang permanen. Mengingat membludaknya pengunjung yang pengen bukber disini, karyawannya pun aku rasa terjadi penambahan juga.

Menu buka puasanya masih menggunakan menu andalan seperti hari biasa, nggak ada paketan menu spesial Ramadhan. Paling ada tambahan takjil sama kurma.

Area parkir disini juga luas, tapi kalo emang lagi rame banget, biasanya di minggu minggu terakhir bulan Ramadhan parkir kendaraan bisa overload sampai ke pinggiran jalan. Tapi nggak sampai menganggu arus lalu lintas.

Pokoknya Wong Solo ini tempat bukber paling favorit di Tanjung deh, beneran, pernah karena saking favoritnya aku dua kali bukber disini, tapi dengan temen angkatan yang berbeda.


2.       Ayam Goreng Mega

Nah, tempat favorit yang kedua ada Ayam Goreng Mega atau kalo anak sini bilangnya AGM. Bukan SGM ya wkwk

Tempatnya bertingkat, lumayan luas, area parkirnya juga lumayan luas, tapi kalo mau bukber disini harus booking duluan kayaknya biar dapat tempat. Masalahnya berkali kali pengen bukber disini selalu full booking. Favorit banget emang nih.

Karena AGM juga nggak menyediakan area tambahan kayak di Wong Solo, jadi kalo meja udah dipesan semua, ya kita yang harus cari tempat lain.


3.       Pondok Jawi

Pondok Jawi ini juga termasuk favorit nih, karena pernah aku bukber disini. Semua saungnya full, bahkan ada yang sampai ke dalam rumah pemiliknya.

Iya, karena pondok jawi ini sebenernya kayak rumah, terus ada halaman yang lumayan luas, disitu dibikinlah saung buat pengunjung makan makan. Aku aja kemaren pas pertama bukber disini cuma dapat tempat di ruang tamu. Pas bukber yang kedua baru dapat tempat di saung. Itu pun harus booking tempat satu minggu sebelumnya.


4.       Kalijo

Kalijo ini letaknya di pinggir jalan, strategis sekali dan mudah ditemukan, makanya jadi favorit orang sini buat bukber.

Area parkirnya luas, rumah makannya luas, bahkan kadang bisa ada tambahan tempat menyiasati membludaknya pengunjung. Meski nggak seluas tempat tambahan di Wong Solo.

Sama seperti tempat bukber yang aku sebutkan diatas tadi, tempat ini juga harus booking duluan biar dapat tempat. Iya kalau bukbernya di tanggal 15 an awal masih bisa datang dadakan kesini terus bukber di tempat, tapi kalau mau kayak gitu pas di tanggal 15 an keatas. Jangan harap bisa dapat tempat.


5.       Warung Sea Food Lamongan

Tempat bukber terakhir yang jadi favorit adalah Warung Sea Food Lamongan.

Yep, di Tanjung banyak banget Warung Sea Food Lamongan. Kalian bisa menemuinya di pinggir sepanjang jalan kota. Tempat ini selalu jadi alternatif buat yang mau bukber dadakan tapi nggak kebagian tempat lagi rumah makan hits lainnya.

Harganya cukup terjangkau dan rasanya juga bisa lah disandingkan dengan rumah makan hits diatas.

Segitu aja dulu yang bisa aku jabarkan dari 5 tempat bukber favorit di Tanjung. Semoga bisa jadi referensi kalian buat yang pengen buka puasa bareng keluarga, temen sekolah, temen kerja, pacar, atau mantan. Eh, ga deng.

Untuk menu dan rasa pasti kalian sudah bisa membayangkan kan, kalau tempat ini saja jadi favorit pilihan banyak orang itu seperti apa. Jangan ditanya lagi deh wkwk

Tapi kebanyakan menu andalan dari rumah makan diatas itu ayam sih, cuma dengan teknik memasak yang berbeda hingga menghasilkan rasa yang khas pula. Juga sambalnya. Ini nih yang menjadi alasan mengapa pengunjung selalu kembali.

Kalo urusan harga aku nggak bisa menjelaskan lebih spesifik, karena harga pertahunnya tentu bisa berbeda, mengingat harga kebutuhan pokok yang cenderung naik turun tak stabil.

Sekian yang bisa aku sampaikan. Apabila ada salah kata, mohon dikoreksi di kolom komentar. Terima kasih.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar