Minggu, 12 Mei 2019

Hempaskan Ketombe dengan 5 Hal Ini


Siapa yang nggak terganggu dengan si putih yang berjatuhan dari rambut kita seperti salju?

Yup, ketombe. Ku rasa hampir semua orang merasa terganggu dengan hal ini karena sangat mempengaruhi rasa percaya diri dan rasa gatal yang ditimbulkan bikin kita pengen garuk kepala terus.

Umumnya ketombe ini disebabkan oleh pemakaian produk yang tidak cocok, sering gonta-ganti shampo, dermatitis seboroik, terlalu lama menggunakan penutup kepala,penggunaan minyak rambut berlebihan, stres, dan yang paling sering karena jamur yang mengendap di kulit kepala.

Nama jamur ini sendiri adalah jamur malassezia yang ternyata juga bisa menularkan ke orang lain. Jamur ini berada di bawah lapisan kulit, memakan minyak alami rambut hingga membuat kulit kepala kering. Kulit kepala yang kering inilah yang mengelupas dan disebut  ketombe.

Keramas setiap hari juga bisa membuat kulit kepala kering loh, dianjurkan keramas yang sehat adalah 2-3 hari sekali supaya kulit kepala kita tidak kering.

Sebetulnya hal itu normal saja jika masih dalam jumlah sedikit dan wajar, sedangkan apabila jumlahnya sudah banyak dan membuat kulit kepala kita pengen digaruk terus, sebaiknya kita harus mencari cara untuk menanggulanginya.

Disini aku sudah merangkum 5 hal untuk menghilangkan ketombe secara alami. Tentunya bahan-bahan yang ada pasti mudah dijumpai di sekitar kalian. Yuks simak ulasannya!



1.       Minyak kelapa

Minyak kelapa ini berfungsi untuk menghidrasi kulit yang kering akibat jamur yang memakan minyak alami pada rambut tersebut. Disarankan gunakan minyak kelapa yang murni ya, agar hasil yang didapat juga maksimal.

Cara mengaplikasikannya, oles minyak kelapa pada kulit kepala yang berketombe sambil dipijat ringan. Kemudian diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air atau keramas seperti biasa.


2.       Soda kue

Soda kue juga bisa loh jadi amunisi ampuh untuk menghempaskan ketombe, itu karena soda kue dapat membunuh jamur penyebab ketombe itu sendiri.

Cara mengaplikasikannya, semprot kulit kepala yang berketombe dengan air, lalu oles dengan soda kue. Diamkan selama 2 menit dan bilas hingga bersih.

Oh iya, kalau kalian ingin menghilangkan ketombe dengan soda kue, pastikan kulit kepala kalian tidak ada yang luka atau ada bekas luka ya. Selalu ingat itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


3.       Lidah buaya

Manfaatnya sama seperti minyak kelapa, tambahannya lidah buaya ini punya asam lemak bagus untuk menyuburkan kulit kepala dan rambut. Juga mudah ditemukan dan mudah sekali cara pengaplikasiannya.

Jika kalian punya tanaman lidah buaya di rumah, kalian bisa langsung menggunakannya untuk menghilangkan ketombe. Kalian cukup mengoleskan bagian gel berlendirnya di kulit kepala yang berketombe. Kemudian tunggu hingga 1 jam. Setelah itu bilas dan keramas hingga bersih.




4.       Cuka apel

Cuka apel ini rasanya asam kan? Siapa yang pernah nyobain?

Iya, kalo kita nyicipinnya yang pure cuka apel doang. Gimana kalo dicampur air? Rasanya udah gak asem lagi dan sifatnya juga jadi basa. Hal ini lah yang menyeimbangkan pH di kulit kepala kita agar si jamur penyebab ketombe ini nggak seenaknya hidup di kulit kepala.

Cara mengaplikasikannya juga mudah. Campurkan ¼ cangkir cuka apel dan ¼ cangkir air, lalu semprotkan pada kulit kepala seperti hair tonic.

Dan buat yang males takar-menakar air, kalian juga bisa langsung mencampurkan cuka apel pada shampo yang biasa kalian pakai. Simpel banget, kan?




5.       Jeruk nipis

Dan yang terakhir jeruk nipis.

Jeruk nipis ini emang terbukti banget udah menghempaskan ketombe yang ada di kulit kepala aku. Aku udah membuktikan soalnya.

Caranya mudah, kalian cuma potong jeruk nipis menjadi bagian kecil. Gak usah terlalu kecil sih, sedang aja. Lalu oleskan pada kulit kepala yang berketombe. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas.




Bahan alaminya mudah ditemui semuanya kan? Rugi banget nih kalo nggak coba.

Hal yang harus kalian ingat adalah yang namanya bahan alami ini nggak bisa menciptakan hasil yang instan. Kalian harus telaten menggunakannya agar hasil yang didapat pun juga maksimal.

Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil kok :)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar