Minggu, 28 April 2019

#AyoHijrah Berani Meningkatkan Kualitas Diri Bersama Bank Muamalat




Ngomong ngomong apa sih hijrah itu?

Hijrah sendiri bisa diartikan sebagai perpindahan ke arah yang lebih baik. Berdasarkan dari kisah Nabi Muhammad SAW dan umat muslim di Mekkah yang melaksanakan perpindahan ke Madinah. Di Madinah, Nabi Muhammad SAW dan umat muslim pun mulai membangun sebuah awal baru peradaban islam.

Di kehidupan sekarang, kebanyakan orang menilai hijrah dari apa yang mereka lihat saja. Padahal masih banyak aspek yang perlu diperhatikan dari hijrah itu sendiri. Mulai dari merubah kebiasaannya sehari-hari, meyakinkan hati untuk tetap dan terus memperbaiki diri, hingga sampai kepada perubahan yang bisa kalian lihat.

Intinya, hijrah itu adalah proses. Dimulai saat kita berniat, hingga hasil yang bisa dilihat. Hasilnya itu sendiri pun masih membutuhkan istiqomah agar tetap berada pada jalur.

Aku sendiri ada niatan hijrah itu ketika genap berusia 20 tahun beberapa bulan yang lalu. Momen bertambahnya usia ini menjadikan titik balik terhadap diriku sendiri. Aku bermuhasabah, sudahkah aku melakukan perubahan ke arah yang lebih baik selama 20 tahun hidup di dunia ini?

Di usia yang sudah mulai memasuki masa dewasa, dimana masa masa pencarian jati diri tidak sebercanda saat masih sekolah. Aku dituntut untuk bertanggung jawab penuh terhadap apa yang aku lakukan, aku juga belajar bagaimana harus bersikap disaat tekanan hidup datang, dan bagaimana pula membangun kebiasaan baik agar bisa meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi.

Ya, segala aspek aku coba perbaiki. Tapi hanya satu dua yang sudah jadi kebiasaan, sisanya masih proses. Termasuk dalam hal keuangan dan perbankan yang masih masuk dalam list proses.

Saat ini aku sedang mencari bank yang benar-benar menjalankan basis syariah dalam setiap prosesnya. Aku coba coba search di google aja sih dan voila... aku merasa jatuh hati dengan Bank Muamalat!

PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat Indonesia”)  itu sendiri adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992. Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya. Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Bank Muamalat memiliki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.

Selama hampir puluhan tahun berdiri, Bank Muamalat Indonesia sudah melalui begitu banyak proses dan prestasi yang dicapai juga bukan main-main. Kalian bisa lihat sendiri melalui website Bank Muamalat Indonesia di ( https://www.bankmuamalat.co.id ) dan juga semakin banyak produk-produk perbankan yang ditawarkan. Tinggal pilih, mana yang sesuai kebutuhan kita.

Oiya, di Bank Muamalat Indonesia juga nggak ada sistem bunga. Adanya sistem bagi hasil, kalian bisa cek tabel dibawah untuk melihat perbedaannya.

Bunga
Bagi Hasil
 1.  Penentuan tingkat suku bunga dibuat pada waktu akad dengan pedoman harus selalu untung
 1.  Penentuan besarnya rasio bagi hasil dibuat pada waktu akad dengan berpedoman pada kemungkinan untung rugi

 2.  Besarnya prosentase berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjamkan
 2.  Besarnya rasio bagi hasil berdasarkan pada jumlah keuntungan yang diperoleh

3.  Pembayaran bunga tetap seperti yang dijanjikan tanpa pertimbangan apakah proyek yang dijalankan oleh pihak nasabah untung atau rugi

3.  Bagi hasil tergantung pada keuntungan proyek yang dijalankan sekiranya itu tidak mendapatkan keuntungan maka kerugian akan ditanggung bersama oleh kedua belah pihak

 4.  Jumlah pembayaran bunga tidak meningkat sekalipun jumlah keuntungan berlipat

 4.  Jumlah pembagian laba meningkat sesuai dengan peningkatan jumlah pendapatan


Dan menariknya lagi, sejak grand launching kampanye #AyoHijrah pada 08 Oktober 2018 lalu, ada banyak sekali kegiatan-kegiatan dan produk baru yang bisa membantu menangani kebutuhan finansial kita

Yuk, disimak sekilas tentang apa sih #AyoHijrah itu?

#AyoHijrah adalah gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.

Apa sih tujuannya?

Tujuannya ialah #AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah. Cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.

Bentuk gerakan #AyoHijrah itu apa aja ya?

Secara umum gerakan #AyoHijrah dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya mulai berpindah menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tenang dan berkah.

Kegiatan-kegiatannya antara lain namun tidak terbatas pada bentuk sebagai berikut:
  1. Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah
  2. Open booth di pusat kegiatan masyarat
  3. Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama
  4. Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah
Wow, menarik sekali bukan gerakan #AyoHijrah yang dicetuskan Bank Muamalat Indonesia ini? Kalau kalian kepo dan ingin mengulik lebih jauh lagi tentang Bank Muamalat Indonesia bisa berkunjung ke website ini https://www.bankmuamalat.co.id atau cek akun sosial medianya ya.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar