Minggu, 07 April 2019

Drama Olshop


Aku bukan termasuk cewek produktif yang bisa memanfaatkan sosial media jadi lahan untuk berbisnis online shop, tapi aku cewek konsumtif yang suka follow follow instagramnya akun olshop. Suka aja sih liat koleksinya, biarpun kagak beli. Itung itung cuci mata wkwk

Siapa tau ada rezeki kan, aku bisa langsung eksekusi. Muehehehe..

Tapi bukan itu fokus yang jadi perhatian ku sampe bikin postingan ini, melainkan kelakuan buyer-seller nya yang bikin aku ngakak dan geleng geleng kepala. Sampai ada akun instagram khusus berisi tentang kelakuan ajaib mereka yang berhasil bikin aku ngakak sendirian sambil liat hape.

Misal nih, ada olshop yang udah jelasin cara order panjang x lebar x tinggi. Udah jelas banget –kalo dibaca- dan dijadiin highlight lagi di akunnya. Bisa diakses sama followernya kan, ya tetep aja ada yang dm tuh akun dengan pertanyaan yang udah pernah dibahas.

Apa susahnya stalking sih? Baca woy, baca!

Toh, di highlight itu udah ada judulnya juga akan tentang apa yang dibahas di dalam highlight tersebut. Tinggal baca judul, terus klik yang kira kira sesuai dengan informasi yang pengen kita tau. Susah banget kayanya yak.

Malah kadang kalo sellernya mengingatkan tentang budaya membaca, dia malah marah marah. Ngatain males jelasin lagi atau sombong lah. Aneh.

Tapi stalking akunnya gebetan atau mantan aja, gercep. Padahal udah tau dampaknya bikin sakit hati.

Lain halnya kalo misalkan olshop tersebut yang nggak profesional dalam memberikan informasi mengenai apa yang dijualnya atau semacamnya. Beda cerita lagi tuh.

Kadang aku juga pernah sih, nemu olshop yang cuek banget ngelayanin customernya. Sampe aku mikir, ini orang mau duit apa kagak sih?!

Terus ada juga nih, dia tuh komplain barang yang nggak sesuai gambar katanya. Padahal setelah ditelusuri lagi ternyata salah dia yang nggak baca kolom deskripsi box dengan benar. Sok sok an beri review buruk lagi. Hoammms...

Tapi ada juga sih emang, olshop yang ngasi barang ke customernya nggak sesuai gambar. Biasanya yang kayak gini nih, yang ga nulis deskripsi barang dengan lengkap. Makanya kita kudu teliti dalam membeli pemirsah.

Di dalam dunia belanja online kan biasanya ada juga nih istilah istilah tertentu dan cenderung baru di dengar lah, ini yang kadang bikin miss-persepsi antara buyer dengan seller. Iya kalo buyernya bisa dengan bijak menerima penjelasan dari seller tersebut. Lah ini, kadang ada beberapa yang udah salah tapi malah nge-gas. Disini aku cuma bisa duduk diam melihat pertikaian mereka.

Entah karena apa mereka bisa se-ajaib itu, tapi sebagian besar yang aku lihat sih karena nggak membudayakan budaya membaca sampai selesai. Sisanya? Aku nggak tau mereka dapat ilham darimana.

Ya begitulah kira-kira sedikit gambaran tentang drama olshop di negara berflower.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar