Jumat, 24 Mei 2019

Apa Itu zakat, Infaq dan Sedekah?




Kita sudah mulai memasuki 2 minggu terakhir dibulan Ramadhan. Nggak berasa banget ya.

Semakin mendekati hari-hari terakhir Ramadhan tentu harus semakin giat lagi kita dalam mengumpulkan pahala. Mana tau nanti bisa meraih rahmat Allah SWT di bulan yang suci ini.

Hm, biasanya menjelang akhir Ramadhan ada yang namanya kewajiban membayar zakat kan? zakat fitrah namanya. Pasti semuanya tau dong ya.

Terus ada juga nih, fenomena menjelang akhir Ramadhan orang bagi-bagi amplop. Uang THR katanya. Dulu, waktu kecil aku sering sih dapat ginian dari kakek, paman, atau tante. Bahkan selama satu bulan Ramadhan aja aku bisa mengumpulkan sampai 400 ribu rupiah. Alhamdulillah.

Itu namanya zakat juga nggak ya?

Lalu ada yang namanya infaq, ada yang tau artinya?

Apakah sama dengan sedekah? Hmmmm...

Kita bahas dari zakat dulu yuk!

Zakat adalah kewajiban terkait dengan harta yang harus dikeluarkan dengan jumlah tertentu, dimasa tertentu, dengan batas waktu tertentu. Jadi zakat itu hukumnya wajib dan dengan zakat pula kita bisa membersihkan harta kita. Contohnya, seperti zakat fitrah yang biasa diberikan setiap akhir bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran.

Perintah zakat ini tertera pada surah At Taubah ayat 103 sebagai berikut,


خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ
وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ


Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui

Iya.

Karena disetiap harta yang kita punya ada rezeki dari Allah SWT untuk orang lain yang harus diberikan melalui kita. Siapa saja yang berhak menerimanya? Simak surah At Taubah ayat 60 ini.



إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلْفُقَرَآءِ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْعَٰمِلِينَ عَلَيْهَا وَٱلْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَٱلْغَٰرِمِينَ وَفِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ


Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Nah, sudah tau kan apa itu zakat dan siapa saja yang berhak menerimanya.

Bagaimanakah dengan infaq? Apa artinya juga sama dengan zakat?

Jawabannya berbeda.

Infaq itu berkaitan dengan materi, tapi tidak ada batas waktu dan masa tertentu dalam pemberiannya. Hukumnya juga bisa wajib dan bisa sunnah loh. Contohnya?

Infaq wajib contohnya seperti suami yang menafkahi istri dan anak-anaknya. Sedangkan infaq yang sunnah adalah ketika anak memberi nafkah kepada orang tuanya. Hal ini pula yang menjadi pembeda antara zakat dan infaq. Jika infaq kita bisa memberikan materi tersebut kepada orang yang kita nafkahi atau tanggungan, sedangkan zakat tidak.


الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
Beda zakat dan infaq udah dibahas, sekarang kita mau bahas tentang sedekah.

Sedekah itu artinya luas ya, termasuk mencakup dengan dua hal diatas. Zakat dan Infaq.

Dalam prakteknya pun, sedekah tidak harus dengan materi atau dengan harta. Sedekah bisa dengan jasa, pikiran dan tenaga. Juga dengan senyum. Senyum adalah sedekah yang paling mudah dilakukan bukan? So, jangan ragu untuk selalu tersenyum :)

Sekian dulu yang bisa aku sampaikan. Untuk lain halnya, mohon maaf jika ada salah kata, kolom komentar selalu tersedia untuk menerima kritik & saran dari kalian.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar