Sabtu, 11 Mei 2019

Belajar Membuat Cilok


Pertama kali kenal sama jajanan cilok ini pas lagi nganggur, sementara kebutuhan ku akan cemilan semakin meningkat. Lalu aku menyiasatinya dengan membeli jajanan murmer dibawah 10 ribuan, salah satunya adalah si cilok ini. Rasanya yang enak dengan tekstur yang kenyal, bikin aku nggak tahan buat nggak makan terus.

Si cilok ini juga disajikan dengan berbagai varian. Ada cilok kuah, cilok bumbu kacang, cilok pedas, cilok isi keju, cilok isi ayam, ahh pokoknya banyak deh. Tergantung kreatifitas kita aja mengkreasikannya gimana. Dan asal enak juga dong wkwk






Oiya, sekarang bahkan ada cilok kuah instan. Isinya macem-macem itu, kalian musti nyoba.

Berhubung aku nggak tinggal di Bandung, aku cuma bisa beli cilok dari orang bandung yang jualan disini. Kalo kata aku sih udah enak, tapi kata orang yang pernah ngerasain jajanan cilok di kota asalnya sana, rasanya jauh lebih enak yang disana lah. Hmmm...

Tapi lama kelamaan gaya hidup ini semakin membuat kantong ku kering. Aku pun mulai mencari cara agar bisa menyantap si cilok terus. Sampai akhirnya aku menemukan resep ini!

Rasanya mungkin nggak 100% sama sih kayak yang dijual jual itu dan juga buat yang pernah ngerasain cilok asli bandung pasti ngerasa nggak terlalu ngeh sama resep ini, tapi ini bisa dijadikan alternatif juga buat yang pengen nyobain cilok tapi males beli diluar.

Yuk guys, diintip resepnya!


Bahan :

6 sdm tepung terigu
5 sdm tepung tapioka
3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
Beberapa batang daun bawang yang sudah diiris tipis
½ sdm bawang merah goreng
200 ml air mendidih
Secukupnya penyedap rasa/garam


Cara membuat :

1.       Masukkan 200 ml air mendidih ke dalam tepung terigu. Aduk menggunakan sendok atau spatula
2.       Kemudian tambahkan bawang putih, penyedap rasa/garam
3.       Masukkan tepung tapioka sedikit sedikit sampai habis
4.       Masukkan daun bawang dan bawang merah goreng. Aduk semuanya sampai tercampur rata
5.       Setelah agak sedikit kalis, giling adonan menjadi bentuk bulat
6.       Jika ingin menambahkan keju atau ayam sebagai isiannya bisa juga dilakukan pada tahap ini
7.       Setelah semua sudah berbentuk bulat, siapkan rebusan air dengan sedikit minyak goreng
8.       Rebus cilok dan tunggu sampai mengapung, tanda cilok sudah matang

Demikian alternatif cara membuat cilok yang bisa kalian lakukan di rumah.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar