Senin, 27 Mei 2019

Booster Pahala di Bulan Ramadhan dengan Amalan Ini




Kita mulai memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Hendaknya di 10 hari terakhir ini  agar bisa mereview lagi amalan apa saja yang kira-kira belum dilakukan dan bagaimana agar bisa membooster pahala dengan amalan tersebut.

Mari disimak apa saja amalan yang bisa dilakukan.

1.       Melakukan ibadah puasa
Ini udah pasti dong, kan karena puasa ini yang membuat bulan Ramadhan itu spesial. Usahakan jangan sampai ditinggalkan ya. Manfaat puasa ini selain berpahala juga bagus buat kesehatan.

2.       Melakukan shalat tarawih berjamaah
Shalat tarawih juga salah satu ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan. Karena shalat tarawih berjamaah ini pula masjid jadi ramai dari bulan biasanya.

3.       Memperbanyak sedekah
Zakat, infaq, dan sedekah, udah tau apa bedanya kan? Kalo belum cek di postingan sebelumnya ya. Kalo udah tau, yuk kita perbanyak sedekah. Karena selain membersihkan harta, juga menambah pahala dan rezeki.

4.       Memperbanyak membaca Al-Qur’an
Yup, kita harus memperbanyak membaca al-qur’an juga. Karena di bulan ramadhan, tepatnya pada malam ke-17 merupakan malam nuzulul qur’an, yaitu malam turunnya al-qur’an.

5.       Melaksanakan ibadah umroh
Laksanakan saja bagi yang punya materi berkecukupan.

6.       Melakukan i’tikaf di masjid
I’tikaf adalah berdiam diri di masjid. Maksud berdiam diri sendiri bukan berarti diam aja dan nggak ngapa ngapain. Melainkan ada niat, tata cara dan amalan lain lagi yang bisa dilakukan selama beri’tikaf.

7.       Mencari keutamaan lailatul qadr
Mencari keutamaan malam lailatul qadr ini ada di malam ganjil sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan.

8.       Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur
Apakah amalan ini sudah diterapkan?

9.       Perbanyak dzikir, istighfar, dan doa
Dzikir membuat kita mengingat Allah SWT, istighfar membantu menggugurkan dosa kita, dan doa orang yang berpuasa merupakan salah satu alasan doa menjadi tidak tertolak.

10.   Membayar zakat fitrah
Ini wajib ya dan dilaksanakan setiap bulan ramadhan.

Banyak sekali bukan amalan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan. Tapi untuk wanita yang sedang haid bagaimana? Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pahala juga? Ada caranya kok.

1.       Sedih

Perasaan ini bagus karena saat tak bisa puasa atau tak bisa sholat lalu kemudian ia bersedih, itu merupakan bukti ia beriman kepada Allah SWT.


2.       Tanamkan niat

Di awal ramadhan, ia berniat dan bertekad untuk menunaikan sebulan penuh puasa ramadhannya, tapi di pertengahan bulan ia haid. Ini tentu diluar kuasanya bukan?
Tapi karena niat yang kuat, hal ini bisa menjadi pahala. Karena niat seringkali lebih besar dampaknya dari amal itu sendiri.


3.       Sesegera mungkin beralih ke amalan lain

Nggak bisa sholat? Nggak bisa puasa? Jangan khawatir. Kita masih bisa bersedekah kok.


4.       Ketika wanita haid tidak berpuasa maka ia menjauhi larangan Allah dan mendapat pahala
Penjelasannya, saat haid wanita dilarang untuk melakukan berpuasa, Allah SWT melarang hal tersebut. Ibadah itu mengerjakan perintah dan menjauhui larangan.


Segitu aja dulu yang bisa aku bagikan, semoga bermanfaat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar