Sabtu, 18 Mei 2019

Memasak Ketupat dengan Panci Resto? Coba Yuk!




Sudah ada yang pernah coba masak ketupat?

Biasanya berapa waktu yang diperlukan untuk memasak ketupat dengan panci biasa? 2 jam? 3 jam?

Kini telah hadir sebuah terobosan baru memasak ketupat dalam waktu singkat!

Efisiensi waktu yang sangat berguna untuk emak emak dan calon emak. Cukup 1 jam dan waktu anda lainnya bisa digunakan untuk membuat kue kering pelengkap lebaran.

Mari kita sambut.... PANCI RESTO!!!

Jiahahah udah kayak acara iklan launching panci resto aja yak wkwk

Ya, selain digunakan untuk melunakkan tulang, panci resto juga bisa digunakan untuk memasak ketupat. Udah jadi rahasia umum sih ini, waktu memasak ketupat yang relatif lama bisa dipangkas dengan menggunakan panci resto.

Mau tau gimana caranya? Yuk baca sampai selesai!


Langkah 1 : Siapkan selongsong ketupat yang sudah jadi. Entah itu kalian bikin sendiri atau beli dari orang lain, yang penting selongsong ketupat ini udah di tangan. Langkah wajib sih ini, kalo nggak pake ini kan, bukan ketupat namanya. Oiya, sebelum menggunakan selongsong ketupat, jangan lupa dicuci ya.


Langkah 2 : Cuci beras seperti biasa, kemudian tiriskan airnya. Setelah itu, masukkan beras ke dalam selongsong. Jangan isi beras sampai penuh, biar berasnya bisa mengembang sempurna. Sesuaikan juga dengan jenis beras yang kalian gunakan. Untuk beras pera cukup isi hingga 1/3 rongga selongsong. Sedangakan beras pulen isi hingga 2/3 rongga selongsong.


Langkah 3 : Masukkan ketupat ke dalam panci resto, lalu isi dengan air. Airnya nggak perlu sampai penuh, cukup isi sesuai tinggi panci dan sisakan 3 jari dari sisi atas panci. Kalian juga bisa loh menambahkan daun pandan agar aroma ketupat wangi.


Langkah 4 : Tutup panci dan nyalakan kompor  dengan api sedang cenderung besar dan masak hingga panci presto berbunyi selama sekitar 10 menit. Jika sudah, kecilkan api dan masak hingga 45-50 menit.


Langkah 5 : Jika dirasa ketupat sudah matang, kalian sudah bisa menikmati ketupat yang bisa dikreasikan dengan kuah apapun.


Eits, sebelumnya harus buka pancinya dulu kan ya? Yang harus selalu diingat adalah, JANGAN PERNAH MEMBUKA PANCI PRESTO YANG MASIH TERKUNCI DAN DALAM KEADAAN PANAS.

Membuka panci presto setelah dimasak itu ada tipsnya loh, caranya tunggu katup pengaman sampai benar-benar turun agar menstabilkan tekanan udara yang ada di dalam panci.

Nah, setelah panci presto aman barulah kalian bisa membuka dan menikmati ketupat. Oiya, diangin-anginkan dulu ketupatnya ya wkwk
Share:

0 komentar:

Posting Komentar