Senin, 27 Mei 2019

Ramadhan Childhood Memories




Cielah judulnya sok inggris banget, padahal masa kecil ku di bulan ramadhan nggak ada hubungannya sama sekali dengan dunia barat. Biar keliatan beda aja sih sebenernya wkwk

Ngomongin tentang masa kecil di bulan ramadhan bikin pikiran aku melayang ke zaman SD. Flashback dikitlah.

Aku di pagi bulan ramadhan, setelah sholat subuh nggak pernah nyambung tidur lagi. Nggak ngantuk. Nggak kayak sekarang, dibawa rebahan bentar aja bawaannya gampang banget tidur. Entah kenapa semakin tua seseorang, semakin bertambah pula kadar ngantuknya, tapi waktu tidurnya malah semakin sedikit. Ada yang sama?

Selain karena nggak ngantuk, biasanya di 10 hari awal bulan Ramadhan aku ada jadwal ngaji di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Masuknya dari jam 7 pagi sampai selesai. Biar kata disuruh masuk jam 7 pagi, tetep aja ada yang datang ke TPA jam 6 an. Anak cowok nih yang kayak gini, biasanya mereka pinjam kunci dulu sama guru/pengurus TPA, biar bisa masuk ke TPA duluan meskipun guru ngaji belum datang.

Lalu apa yang mereka lakukan selama hampir satu jam menunggu guru ngajinya datang? Perang sarung jawabannya.

Sumpah itu permainan berisik banget. Ditambah lagi dengan suara cekikikan mereka kalo lagi asik-asiknya main dan itu bikin aku KZL!!!

Lupakan soal kekesalan ku tentang permainan perang sarung itu, aku hanya lebih suka main petak umpet. Ini merupakan opsi kedua ketika jumlah pemain cowok dan ceweknya seimbang atau lebih dominan cewek. Aku pasti ikutan.

Hal lain yang ngangenin dari bulan ramadhan di TPA ini adalah di hari kesepuluh atau hari terakhir masuk TPA, biasanya diadakan buka bersama. Kegiatan yang diisi sebelum berbuka biasanya nonton bareng film kisah para Nabi & Rasul. Edukatif sekali untuk para audience anak-anak yang lebih suka nonton kartun daripada memperhatikan ceramah.  Di akhir film, kita diberikan kuis seputar kisah para Nabi & Rasul. Bagi siapa yang bisa menjawab akan ada hadiah misteri menanti, setelah berbuka dan shalat maghrib tentunya.

Itu kenangan masa kecil helka di bulan ramadhan dengan dunia TPA. Ada juga nih kenangan lain yang diberikan sekolah dasar dalam mengisi hari-hari di bulan ramadhan.

Semuanya pasti pernah ngerasain kan, ada tugas mengisi buku/jadwal kegiatan ramadhan?

Yep, aku juga pernah. Sebuah tradisi yang legend banget emang di kalangan anak kecil dalam mengisi harinya selama bulan ramadhan. Gara-gara ini juga imam berasa jadi artis setiap habis sholat tarawih karena mau dimintain tanda tangan wkwk

Ngomongin soal tarawih, ada satu hal lagi yang bikin aku  kangen.

Dulu aku sering bawa jajanan ke masjid buat nemenin shalat tarawih. Nggak cuma aku sih, temen-temen ku juga. Parahnya, snacknya malah dimakan pas lagi sujud gitu. Hahahah bangke emang. Dikira sholat tarawih kayak nonton bioskop ya jadi pada bawa bawa snack wkwk

Parah emang masa kecil ku.

Oiya, ada satu lagi kenangan masa kecil di bulan ramadhan. Jika sedang tidak ada kegiatan di TPA, habis sholat subuh biasanya aku jalan-jalan gitu sama sepupu atau sama temen. Entah jalan kaki, naik sepeda atau naik motor, pokoknya jalan. Jalannya juga nggak jauh-jauh banget sih, paling di sekitar kelurahan tempat tinggal ku aja.

Hm, apalagi ya?

Oh ini...

Karena bulan ramadhan ku pas SD itu sekolah libur satu bulan, aku jadi no life dong. Hp belum punya dan nggak sehits sekarang juga anak kecil punya hp android.  Zaman ku dulu, punya hp yang bisa muter mp3, punya kamera, ada bluetooth dan bisa buka internet aja udah mewah banget.

Aku pun memilih menghabiskan waktu dengan jalan ke rumah temen. Entah buat ngajakin temen tersebut untuk ke rumah temen lainnya atau ke suatu tempat, tukeran binder, dan macam-macam lah. Pokoknya aku di masa kecil itu selalu punya kegiatan diluar, gak heran kalo dulu kucel banget. Ehm, sekarang pun masih sih. Dikit.

Huaaa aku jadi kangen momen & temen-temen masa kecil :(

Nostalgianya cukup segini aja dulu ya. Semakin diingat, aku jadi semakin kangen. Padahal nggak dikangenin balik. Hmmmmmm

Bye!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar