Kamis, 09 Mei 2019

Resep Sayur Lodeh Nangka




Siapa yang suka sayur lodeh??

Tapi sayur lodeh kali ini yang pakai nangka loh ya.

Mama aku suka banget bikin lontong dengan sayur lodeh nangka ini, biasanya mama suka menyuguhkannya sebagai menu pas lebaran. Kalian juga? Yuk ah, intip resep berikut sebagai referensi buat menu lebaran nanti.

Eits, hari ini masih hari ke-4 ya, masih ada 26 hari lagi yang harus dilewati.

Nggak apa-apa. Semangat.


Bahan :

Nangka muda yang sudah direbus sampai agak melunak
350 ml santan kelapa
Secukupnya gula merah yang sudah diiris
Secukupnya penyedap masakan
Secukupnya bawang merah

Bumbu halus :

Garam, kemiri, kunyit, ketumbar, jahe, bawang putih, cabai, cabe rawit, lengkuas, serai, daun salam.


Cara membuat :

1.       Haluskan bumbu halus sampai tercampur rata. Sisihkan.
2.       Tumis bawang merah yang sudah diiris tipis sampai berwarna kecoklatan, kemudian tambahkan bumbu halus yang sudah dihaluskan tadi. Tumis kembali sampai tercampur sempurna dan  tercium aroma khas bumbu masakan.
3.       Masukkan santan kelapa. Aduk sebentar
4.       Masukkan gula merah yang sudah diiris, agar gula merah mudah tercampur dengan masakan
5.       Tunggu beberapa saat, lalu masukkan nangka yang sudah direbus.
6.       Tambahkan penyedap masakan. Kemudian aduk sebentar
7.       Matikan api ketika kuah sayur sudah mulai agak meletup-letup kecil.
8.       Masukkan sayur lodeh ke dalam mangkuk. Sajikan.

Mungkin agak sedikit ribet ya? Hmmm

Iya sih, kalo aku ya. Selain karena emang nggak terlalu suka masak masakan yang kayak ibu ibu banget haha ini apaan deh, maksudnya cara masak yang campur mencampur bumbu dengan bahan berkuah kayak gini kadang bikin aku suka belibet.

Nggak ngerti deh, gimana jelasinnya.

Padahal ya, kalo bisa skill ginian bisa jadi nilai tambah buat jadi mantu idaman wkwk

Lain kali lah, aku belajar lagi.

Sadar aja sih, kalo selama ini, setiap mama masak sayur berkuah, kerjaan ku paling cuma ngulek bumbunya. Sisanya? Tangan mama yang bermain.

Makanya bener-bener challenge banget nih buat aku, pas tau ada tema masak-memasak di Tantangan Ramadhan BPN 2019. Aku harus nanya nanya resep ke mama.

Ya kira kira segitu aja dulu yang bisa aku sampaikan. Kurang lebihnya, mohon dimaafkan. Wassalam.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar