Sabtu, 18 Mei 2019

Tips Anti Bau Mulut Selama Puasa




Haloo..

Bagaimana puasanya sampai hari ini pemirsa?

Semoga kita semua diberi kemudahan dalam menjalaninya. Terutama buat para pejuang THR yang masih aktif bekerja selama puasa muehehe

Selama bekerja kita berinteraksi dengan rekan kerja dan atasan, atau rekan bisnis juga, tentunya nggak pede dong kalo bau mulut karena berpuasa ini mengganggu rasa percaya diri kita.

Meskipun dalam hadits menyebutkan, bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi dari bau minyak kesturi. Seenggaknya kita bisa meminimalisir baunya agar orang sekitar juga nggak terganggu.

Gimana caranya? Simak ulasan berikut yuk!


Tips 1 : Bersihkan Gigi dan Lidah Secara Teratur

Umumnya penyebab bau mulut adalah bakteri yang masih mengendap di sela-sela gigi dan gusi. Bakteri yang mengendap ini nggak hanya menyebabkan bau mulut, tapi juga sariawan, sakit gigi, radang tenggorokan, dan lainnya.

Langkah mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggosok gigi dan lidah secara teratur. Durasi ideal dalam menggosok gigi adalah minimal 1 menit dan maksimal 3 menit. Lidahnya juga jangan lupa dibersihkan ya, karena bakteri penyebab bau mulut juga bisa mengendap disitu loh!

Setelah menggosok gigi, bisa juga kita menggunakan mouthwash, agar kebersihan gigi semakin terjaga. Tapi kadang penggunaan mouthwash ini juga malah menyebabkan mulut kering.


Tips 2 : Pastikan Sikat Gigi Masih Layak Digunakan

Percuma kan udah gosok gigi sampai 3 menit, tapi sikat gigi yang kita gunakan tak mampu membersihkannya secara maksimal dan malah masih menyisakan sisa makanan di sela-sela gigi dan gusi?

Parahnya, kita juga nggak sadar kalo sisa makanan yang kecil itu masih nyelip diantara gigi kita. Itu juga salah satu penyebab bau mulut yang sering kita abaikan.

Idealnya, sikat gigi itu harus diganti setiap 3 bulan agar berfungsi secara maksimal.

Pilih juga sikat gigi yang ada pembersih lidahnya di belakang bulu sikat, biar fungsi sikat gigi tersebut bisa 2 in 1. Hemat kan?


Tips 3 : Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Kenapa setiap nasehat tentang kesehatan itu selalu ada poin ini?

Karena dari 2 bahan inilah terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, yang dalam prakteknya susah banget buat diterapkan sama kita. Ya nggak semuanya sih, bagi sebagian orang aja.

Padahal ya, selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, buah dan sayur juga mampu membersihkan gigi secara alami. Iya, karena saat mengunyah, buah dan sayur memiliki suatu enzim alami yang bisa membersihkan gigi kita.

Tapi bukan berarti setelah rajin makan buah dan sayur kita nggak perlu lagi menggosok gigi ya, gosok gigi itu wajib!


Tips 4 : Kurangi Makanan Lengket Dan Tinggi Gula

Untuk hal ini kayanya semuanya pasti tau dong, kenapa kita nggak boleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula.

Selain nggak sehat dan bikin gendut, makanan yang terlalu manis juga bisa menyebabkan gigi berlubang dan semua masalah mulut lainnya.


Tips 5 : Hindari Makanan yang Berbau Menyengat

Makanan berbau menyengat disini contohnya adalah durian, pete, jengkol, dan semua makanan sejenis yang berbau menyengat.

Apalagi pete sama jengkol itu baunya awet banget huhu

Kalo nggak tau gimana cara mengatasi baunya, mending hindari makanannya aja deh yaa..


Sekian tips yang bisa aku bagikan hari ini, semoga bermanfaat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar