Sabtu, 01 Juni 2019

Ragam Tradisi Lebaran




Hari ke-25. Tradisi lebaran.

Apa sih tradisi itu?

Tradisi adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama.

Ngobrolin tentang tradisi lebaran ini emang nggak ada habisnya, karena di Indonesia sendiri tradisi lebaran di berbagai kota beda beda. Itu baru di Indonesia, belum lagi di dunia. Banyak banget pasti.

Untuk di daerah ku sendiri aja, setiap malam lebaran biasanya diadakan pawai atau konvoi mobil hias bertemakan hari raya idul fitri atau lebaran dengan diiringi lantunan takbir. Biasanya diikuti oleh kelompok remaja masjid atau instansi.

Kembang api juga ikutan memeriahkan riuhnya malam lebaran. Hanya saja beberapa tahun terakhir ini penggunaannya dibatasi. Entahlah karena apa, berbahaya mungkin. Denger denger juga pernah terjadi insiden karena kelalaian pemakai kembang api ini.

Malam itu jalanan macet sekali, ya karena hanya ini satu-satunya hiburan yang ada di kota ku. Beruntungnya rumah ku berada di salah satu jalan protokol kota, jadi nggak perlu capek capek buat ngeliat pawai. Paradenya pasti lewat depan rumah ku.

Untuk mengisi malam itu, kami sekeluarga juga ada acara bakar bakar. Semacam kayak acara tahun baruan lah, sambil icip icip kue jajanan khas lebaran yang dibikin tadi siang.

Besoknya, pagi pagi sekali aku udah siap siap untuk berangkat sholat ied di masjid. Takut nggak kebagian tempat yang strategis buat duluan keluar soalnya. Iya, jadi kalo shalat ied selesai, pintu keluar masjid rasanya jadi kayak nggak cukup dilewatin.

Belum juga sholat udah mikir buat keluar, manusia macam apa aku ini. hmmmm

Setelah shalat ied selesai, aku langsung bersalam-salaman dan bermaaf-maafan sama orang tua, adek, om, tante, sepupu, dan seluruh keluarga yang lain.  Sebetulnya di masjid tadi juga udah bersalam-salaman sih, meskipun nggak kenal siapa tapi ini bagus untuk mempererat ukhuwah islamiyah.

Kemudian nyekar ke makam kakek dan nenek. Kuburan jadi ramai loh, kalo hari lebaran karena banyak yang nyekar ke makam sanak-keluargnya. Termasuk aku.

Setelah prosesi tersebut selesai, barulah ke acara yang ditunggu-tunggu. Yaitu makaaannn!!!
Makan jajanan khas lebaran di kampung halaman bersama keluarga yang masih lengkap itu rasanya..... subhanallah.

Ini tradisi lebaran di tempat ku, kalo di tempat mu? sharing yuk!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar