Selasa, 09 Juli 2019

#FBBKolaborasi Lomba Kreasi Buah Lokal


Yayy!!

Postingan pertama aku yang diikutsertakan dalam blog collab FBB Kolaborasi bersama member komunitas fbb lainnya. Seneng banget bisa resmi jadi bagian dari komunitas ini dan bisa ikut FBB Kolaborasi bulan ini.

Tema blog collab bulan ini adalah hari buah seduniaaaaa...

Oke, aku terlalu bersemangat.

Begitu tau temanya tentang hari buah, pikiran aku langsung melayang flashback sama acara waktu SMP kelas satu dulu, sekitar tahun 2011. Semester pertama.

Jadi waktu itu, di Tanjung lagi musim buah. Buah-buahan lokal khususnya, seperti rambutan, langsat, manggis, durian, kasturi –sejenis buah mangga tapi bentuknya lebih kecil- dan masih banyak banget lainnya. Jumlahnya pun sangat melimpah, sehingga kalo dijual pun orang nggak berani ngasih harga tinggi. Banyak saingan soalnya.

Melihat melimpahnya buah-buahan lokal, sekolah ku inisiatif mengadakan acara kreasi menyusun buah lokal agar terlihat menarik. Masing-masing kelas wajib membuat kreasi dari buah-buahan lokal.
Kelas ku nggak mau kalah. Kita udah bikin konsep yang terstruktur, pokoknya harus beda dari yang lain. Katanya kalo menang dijanjikan hadiah misterius loh. Kita makin excited.

Mulai dari menggalang dana dan ngambil buah di rumahnya temen ku yang punya kebun, belanja belanja keperluan kecil untuk mempercantik kreasi kita nantinya. Kelas ku optimis menang.

Tapi saat sudah hari H, banyak drama yang terjadi. Konsep yang kita bikin ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Tadinya kita mau bikin buah yang disusun menyerupai piramida buah, atau paling nggak biar keliatan kayak tumpeng buah deh.

Eh ternyata susah. Berkali-kali buahnya hancur tak tersusun, sementara waktu berjalan terus, penyebabnya stok buah yang kami punya ini nggak mencukupi ekspektasi pemirsa. Seberapapun kerasnya mencoba untuk membangun lagi, tetap saja tumpengnya ini nggak mau kokoh berdiri.

Ku lihat kelas lain sudah setengah jalan, kelas kami masih belum terbentuk apa-apa. Keadaan mulai kalut.

Ditengah kekalutan tersebut, wali kelas ku datang memberi sebuah pencerahan setelah kami terjebak dalam kegelapan. Persis kayak cahaya dari pintu keluar bioskop yang baru selesai tayang.

Beliau menyarankan sebuah ide brilian. Buahnya ditempelin di batang pisang biar dia bisa berdiri kokoh. Dengan langkah sigap, siswa cowok langsung mencari batang pisang di hutan belakang sekolah. Sementara beberapa siswa cewek membeli beberapa lidi kecil untuk menyatukan buah tersebut ke batang pisang.

Nggak butuh waktu lama, kreasi kami pun jadi. Emang bener-bener berbeda dari kelas lainnya. Kami patut berbangga hati.

Dasar emang kelas sombong. Sok berbangga hati duluan, eh ternyata nggak masuk dalam list pemenang. Hahahaha

Kreasi kami mungkin emang paling beda sendiri, tapi ternyata nggak termasuk dalam kriteria penilaian panitia. Mungkin kalo penilaiannya memasukkan kategori kreasi buah paling absurd, tentu kelas ku pemenang utamanya.

Meski begitu, kami nggak kecewa. Toh ternyata hadiahnya cuma peralatan bersih bersih wkwkwk
Eits, yang terpenting setelah acara itu selesai, kita bisa nyicipin buah buah tersebut. Kyaaaaaa, ini momen yang paling ditunggu-tunggu daritadi.

Aku tersenyum kecil mengingat kejadian itu. Rindu sekali.

Sekarang aku hanya bisa mengingat cerita dibaliknya melalui foto ini.



Maafkan pemirsa.

Muka teman-teman ku sengaja ku tutupin biar mereka nggak terkenal. Ehm, maksud ku ini foto aib. Nggak baik ngeshare aib orang lain, makanya kalian fokusnya ke buahnya aja.

Sekian dulu yang bisa aku ceritakan disini, semoga bisa berpartisipasi kembali dalam blog collab FBB Kolaborasi bulan depan. See you:)
Share:

10 komentar:

  1. "Dasar emang kelas sombong. Sok berbangga hati duluan, eh ternyata nggak masuk dalam list pemenang. Hahahaha"

    Wkwkwk, ngakak saya baca kalimat itu. Seger postingannya XD

    Btw, kalau kangen sama event nyusun buah seperti ini, tengoklah ke stand dinas pertanian setempat kalau ada pameran-pameran. Mereka jago sekali nyusun buah. Mungkin bisa dijadikan inspirasi kalau ada lomba nyusun buah lagi XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk boleh jg referensinya mba, siapa tau skill nyusun buah berguna nantinya xD

      Hapus
  2. Baru ini mampir ke blog helka,dan aku suka.. berasa kaya di ceritain langsung di depanku. Hahahaha ternyta punya foto aib juga ya. Aku malah penasaran yg menang seperti apa buahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang di blog helka mba Ruli :) wkwk punya dong mba, setelah ngubek2 kumpulan foto lama. Yg menang itu yg kreasinya ala ala buah buat hantaran gitu loh mba. Yg pake keranjang buah dan ditutup plastik transparan

      Hapus
  3. ih, lomba kelas yaaa
    jadi kangen juga jaman sekolah dulu
    kalo aku dulu ukir buah sih, jadi kaya buah semangka dibentuk-bentuk gitu :D


    salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
  4. Aku baru pertama kali mampir nih wk. Seru ya ceritanya biasanya nih kan kalo ditanjung itu paling di ingat pasti langsat tanjung hihi.

    Tbtb kangen sama masa sekolah, dimana sama teman kelas selalu kompak hihi

    BalasHapus
  5. Wkwkwk. Padahal sudah yakin banget yaa bakal menang. Jadi penasaran kelas yang menang susunan buahnya kayak apa

    BalasHapus
  6. Lomba kreasi buah ini keren banget. Kenapa nggak difoto Helka? Pasti menyenangkan berlomba untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

    BalasHapus
  7. wah rame ada lomba kreasi buah ya pas sekolah. jadi kenangan tu sepanjang masa.

    BalasHapus
  8. Setelah baca ttg buah, jdi pengen makan buah hahaha

    BalasHapus