#FBBKolaborasi Bincang Blogger Bersama Ruli Retno

Halohaa..

Setelah sekian lama, aku kembali hadir dengan tema tulisan baru yaitu bincang blogger. Tema ini hadir untuk meramaikan FBB Kolaborasi bulan Juli. Berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, kali ini FBB Kolaborasi mengangkat topik mengenal lebih dekat dengan anggota FBB itu sendiri. Dalam FBB Kolaborasi kali ini aku berkesempatan untuk berbincang bersama Mba Ruli Retno Mawarni, salah satu founder FBB. Selain founder FBB, beliau juga aktif di kegiatan sosial lain seperti SAYDA (Sayangi Anak Yatim dan Dhuafa) dan GPL (Gerakan Peduli Lansia).  Sstt.. dua kegiatan sosial tersebut beliau juga foundernya loh.

Dan satu lagi, Mba Ruli juga aktif sebagai koordinator team media di halalcorner.id. Tentu saja, kalian bisa menemukan cerita keseharian Mba Ruli di blog pribadinya www.ruliretno.com dan beberapa media sosial lain, seperti instagram dengan username ruliretno.



Okey, langsung aja kita ke Mba Ruli. Halo, Mba Ruli, apa kabar? Gimana kesehariannya nih, kesibukannya sekarang apa aja?

Halo juga, Helka. Alhamdulillah masih diberi kesehatan meskipun ditengah pandemi seperti ini ya, hm, kesibukan ku saat ini pastinya jadi IRT, tapi masih tetap handle SAYDA & GPL, kegiatannya masih tetep running sampai saat ini loh. Selain itu, di halalcorner.id juga masih aktif. Selebihnya ya ngeblog.

 

Banyak juga ya kegiatan sosial yang Mba Ruli ikuti, terus untuk ngeblog sendiri gimana, Mba, apakah punya waktu khusus untuk ngeblog?

Ga punya sih, kapan pun mau nulis ya nulis. Bahkan sambil jalan di mall, misal nunggu jadwal bioskop gitu tetep bisa nulis. Tapi biasanya aku lebih memilih menyelesaikan tugas utama ku dulu, sebagai istri dan ibu sama ibadah juga, baru megang blog dan kegiatan lain.

 

Wow, hampir tidak ada waktu yang terbuang percuma sama Mba Ruli, lantas perkenalan Mba Ruli sendiri dengan dunia blog itu awal mulanya gimana, Mba?

Hahah gak mikir kesitu juga sih padahal, cuma kadang pas lagi nunggu atau lagi diem gitu ada aja ide nulis yang muncul. Takut hilang idenya, aku tulis aja. Nanti begitu ada waktu baru aku kembangkan lagi dan finishing.

Kalau cerita awal aku kenal blog itu sejak 2008, langsung punya blogspot tapi isinya cuma cerita alay masa kuliah, setelah resign kerja jadi IRT lalu aku memutuskan untuk lanjut ngeblog lagi tapi tulisan alaynya udah dihapusin, semua diganti jadi tulisan yang lebih bermanfaat.

 

Oalah, berarti Mba Ruli ngeblog udah sekitar 12 tahunan dong ya, meskipun sempat hiatus juga. Selama itu, pernah ngga sih Mba, ngerasa jenuh atau bosan? Sampai rasanya males buat ngeblog lagi?

Rasa jenuh dan bosan itu pasti ada ya, berkali-kali malah. Tapi aku ga pernah mau pergi dari blog.

 

Kenapa gitu, Mba? Apakah ngeblog itu jadi sebuah candu yang ngga bisa ditinggalin meskipun udah bosan wkwk

Hahaha, ngga juga, biasanya aku kalau lagi bosan bener-bener ngga mau nulis dulu sampai moodnya datang lagi, ngerjain hobi lain aja. Misalnya gardening, masak, begitu dulu sampe mau nulis lagi. Biasanya kalau sudah lewat jenuhnya, akan kembali rindu menulis dan mood datang lagi. Ngga pernah berniat untuk pergi lama dari blog sih, apalagi kalau sedang ada kontrak kerja nulis, mau nggak mau ya dilawan dulu aja rasa bosannya.

 

Jadi blogger ini challenging juga ya Mba, meskipun website tersebut punya kita sendiri, tetep ada tanggung jawab yang harus dipenuhi. Selain untuk membesarkan blog kita, juga demi para pembaca setia dan client hehe. Nah, untuk Mba Ruli sendiri kan dulunya pasti berawal dari blogger pemula juga, masih belum ngerti sama seluk beluk blog. Saat itu, Mba Ruli belajar dari mana? Apakah Mba ikut kelas khusus untuk blogger pemula?

Aku belajar sendiri sih, otodidak, sambil nyimak sharing dari para suhu juga, terus searching sendiri mengenai kendala yang aku hadapi selama ngeblog. Kelas blogger sendiri, jarang aku temuin. Kalau pun ada, kebanyakannya offline dan lokasinya ada di Pulau Jawa.

 

Iya sih, Mba. Emang jarang ada kelas blogger, apalagi yang online ya. Makanya aku lebih suka mantengin blog yang isinya banyak tentang tips blogging hehe. Mba Ruli sendiri juga udah cukup lama malang-melintang di dunia blogger kan, selama itu ada suka dukanya tersendiri ngga Mba? Tantangan terbesar selama Mba Ruli ngeblog gitu?

Tentunya ada dong, apalagi sukanya banyak banget. Nambah temen dan relasi pastinya, pundi-pundi rupiah juga salah satu bonus, menang lomba nulis dan membantu mencegah stres. Hm, kalo dukanya ada sih, tapi nggak begitu mendalam, paling cuma kalah lomba blog, terus sedih karena ilmunya ngga nambah-nambah. Kalau tantangan terbesar yang aku hadapi selama ini sih, manajemen waktu dan manajemen mood.

 

Kayanya manajemen mood ini jadi masalah hampir semua blogger yak hoho, aku kadang juga gitu. Udah selama ini ngeblog, adakah target yang masih belum tercapai Mba?

Pastinya ada, aku tipe orang yang nggak pernah puas di satu titik. Diantaranya pengen punya DA & PA bagus dan adsense yang gede, pengen punya tulisan yang bermanfaat bagi sejuta umat dan pengen jadi langganan pemenang lomba blog. Aamiin.

 

Aamiin, semoga apa yang Mba Ruli targetkan bisa tercapai semua ya. Terus harapan atau pesan Mba Ruli buat para blogger, terutama yang ada di Kalimantan Selatan nih?

Dari dulu sebenernya banyak blogger dari kota lain diluar Kalsel yang pengen gabung di komunitas FBB sendiri tapi kami ngga menerima, setidaknya yang gabung FBB harus domisili Kalsel atau domisili tempat lain tapi keturunan orang Banjar. Tujuan utamanya tentu saja untuk memajukan wanita (blogger) Kalsel. Dan ternyata benar, setelah FBB terbentuk nampaklah siapa-siapa blogger yang punya prestasi, meskipun ngga semuanya berprestasi dibidang blogging aja tapi keliatan bahwa wanita Kalsel ternyata ngga kalah keren sama perempuan dari kota besar lainnya. Bahkan untuk di Kalimantan sendiri, FBB cukup menonjol dan mampu bersaing dengan blogger lain.

Harapan ku untuk blogger Kalsel semoga semakin berprestasi, wanita Kalsel bisa juga sekeren wanita lain dikota besar sana, blogging bisa jadi sarana yang tepat untuk mengembangkan skill, menambah cuan, dan pelarian dari stres kehidupan hahaha. Segitu aja mungkin ya.

 

Huaaa, terharu aku tu, sekaligus bangga bisa diterima dikomunitas ini. *peluk Mba Ruli*

Terima kasih ya, Mba, atas waktunya. Terakhir nih, siapa aja blogger favorit Mba Ruli?

Blogger favorit aku itu Langit Amaravati, Pungky Prayitno, Carolina Ratri, Mira Sahid, etc. Masih banyak sih, sebenernya, yang aku sebut itu cuma beberapa.

 

Mantap, Mba. Mungkin sekian dulu bincang blogger kita bersama Mba Ruli Retno. Semoga ada faedah yang bisa diambil dari perbincangan kita kali ini, sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

 

Cheers,

Helka.


10 komentar

  1. Wah setuju sama Mbak Ruli, blogging itu memang bisa jd pelarian dari stress kehidupan, hihihi

    BalasHapus
  2. Sepakat banget soal ini, kalau blog itu bisa untu "mengembangkan skill, menambah cuan, dan pelarian dari stres kehidupan" wkwkwk. Salut dan kagum sama Mbak Ruli. Apalagi jadi founder dari 3 lembaga/komunitas yang keren-keren MasyaaAllah. Sangat menginspirasi XD

    BalasHapus
  3. Mbak Ruli ini memang sangat inspiratif. Beliau aktif dimana2. Sosok yg keren banget.

    BalasHapus
  4. emaaaaaak hehehe
    beliau ini salah satu member FBB favorit ku. ngajarin banyak hal dan bawel terus suka cemberut hehehe
    kangen emaaak lama gk ketemu
    semoga terus menginpirasi mba

    BalasHapus
  5. udah 2 kali maen ke rumah ruli, andai nggak ada covid mungkin aku udah main lagi. kangen ama qorira, qodhi & qowiy. pus-nya juga ada hehe, pusnya cool banget saking coolnya nggak sempat ngelus.

    BalasHapus
  6. Mengaminkan harapanba ruli, semoga blogger Kalsel semakin berprestasi, wanita Kalsel bisa juga sekeren wanita lain dikota besar sana.

    BalasHapus
  7. Wkwkwk terkagum2 baca tulisan tentang diriku sendiri. Helka mengulasnya dengan sangat manis, eyaaaaa.. terimakasih ya untuk ulasannya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  8. Waa keren nih Mba Ruli selain aktif ngeblog tapi juga aktif kegiatan sosialnya. Sama nih harapan aku sama mba ruli pengen jadi langganan menang lomba blog. Hahahaha

    BalasHapus
  9. Mbak ruli ini emak yaang gaul bangeeeet. Ditambah lagi orng nya lucuk, dua komunitas sama beliau ini gak ada bosanya. Apalgi kalo ketemu, duh rame bngt

    BalasHapus
  10. Keren banget sih Mbak Ruli ini.
    Ibu rumah tangga yang mandiri, banyak pula kegiatan sosialnya hehe

    Selalu menginspirasi ya mbak hehe

    BalasHapus

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini