Selasa, 27 April 2021

Lagi Jenuh? Ini Cara Ku Untuk Recharge Diri




Hai, hai! Masih dalam rangkaian challenge BPN Ramadan 2021, hari ini mengangkat tema tentang sumber inspirasi ketika lagi jenuh.


Hayooo, siapa yang lagi jenuh?? Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, dimana kegiatan masih lebih dianjurkan untuk dilakukan di rumah. Suasana dan kegiatan di rumah yang itu-itu aja tentu akan menjadi pemicu stres dan kejenuhan. Bukan hanya itu, terjebak dalam rutinitas juga bisa jadi salah satu sumber jenuh. Seperti yang biasa terjadi pada ku. Hmm.


Untuk itu, di tulisan kali ini aku akan menjabarkan apa aja yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejenuhan. Kalian juga bisa sharing di komentar tentang mengatasi kejenuhan versi kalian. Mari saling berbagi!


  1. Membaca buku

Dalam rangka membuat rasa jenuh jadi berfaedah, aku biasanya membaca buku. Non-fiksi untuk membuka pandangan/pikiran dan fiksi untuk menyegarkan imajinasi. Apalagi kalau ceritanya uwuu, tambah segar imajinasi ku membayangkannya wkwk


  1. Mendengarkan musik

Kegiatan ini biasanya ku lakukan di sela-sela pekerjaan, terutama pekerjaan yang padat dan monoton. Membosankan sekali. Saat itu lah musik terasa seperti angin segar yang memberi hawa nyaman. Aku jadi seperti melalui rutinitas dengan rasa yang berbeda.


  1. Nonton film/drakor

Kegiatan ini biasa ku lakukan ketika memiliki waktu yang cukup panjang. Saat weekend (dan tidak ada jadwal kuliah) misalnya. Aku bisa maraton nonton drama korea atau nonton film yang sudah dari lama masuk dalam watching list ku.

Menurut ku, menonton film/drakor seperti melihat sisi lain dari kehidupan. Melihat latar, jalan cerita si tokoh, seperti 'refresh' dari rutinitas yang biasa ku jalani.


  1. Bersih-bersih

Ehm, bukan sok rajin nih ya. Kadang aku kalo udah gabut banget dan ngeliat ada sesuatu yang ngga enak dipandang bawaannya pengen ngerapihin. Atau ada satu spot yang berantakan, yang udah pengen aku rapihin dari lama tapi terhalang kesibukan. Begitu ada kesempatan, langsung action. Ada kepuasan tersendiri kalo ngeliat ruangan itu rapi dan bersih. Akunya juga jadi nyaman stay disitu.


  1. Mager Mode On

Ketika segala kegiatan sudah terasa menjenuhkan, aku cuma bisa diam. Nggak ngapa-ngapain. Rebahan sambil mandangin langit-langit kamar itu asik loh. Kita bisa sambil merefleksikan diri. Tentang semua yang sudah terjadi dan yang dilalui. Disitu kadang muncul hal-hal kecil yang selama ini terlewat dan dari hal kecil itu lah aku bisa menemukan diri ku sendiri. Perlahan. Dan begitu merasa cukup,

Tapi dalam mode kayak gini juga bisa jadi akar overthinking kalo nggak pandai mengendalikan pikiran. 


Begitulah 5 cara ku dalam mengatasi kejenuhan. Lebih dan kurangnya semoga bisa jadi referensi juga bagi kalian yang sedang mengalami kejenuhan. Hanya ini yang dapat aku sampaikan, sampai bertemu di postingan selanjutnya.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar