Selasa, 11 Mei 2021

Olahraga Saat Puasa?! Why Not?



Saat puasa kita tetap perlu beraktivitas, seperti olahraga misalnya. Yap, olahraga. Tapi olahraga ketika berpuasa ada tipsnya sendiri loh supaya puasa kita nggak terganggu dan manfaat yang didapat pun maksimal. Hasilnya lebaran nanti badan nggak lebar-an. Apa tipsnya? Simak yuk!

  1. Usahakan jangan olahraga pagi

Loh bukannya olahraga pagi itu malah bikin kita fresh dalam beraktivitas ya? Kenapa nggak dibolehin?!

Bukan nggak dibolehin, hanya nggak disarankan. Karena kalo kita olahraga berat dan membakar banyak kalori pagi-pagi, apa kabar kamu nanti sore? Yang ada puasa mu jadi nggak produktif gara-gara rebahan terus dan kehabisan energi.

Terus gimana dong? Kan aku biasa olahraga pagi untuk membangun mood supaya tetap ceria seharian?

Tetap bisa olahraga dong, tapi pilih yang intensitasnya ringan aja yah. Misal jalan kaki atau stretching.


  1. Olahraga 1 jam sebelum berbuka atau setelah berbuka

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya kenapa jangan olahraga berat di pagi hari saat puasa, sebagai gantinya kamu bisa memilih waktu 1 jam sebelum berbuka atau setelah berbuka untuk pilihan waktu dalam melaksanakan olahraga berat.

Kenapa harus di waktu tertentu itu sih, hel?

Alasannya ketika kamu berolahraga 1 jam sebelum berbuka, kamu bisa segera mengganti cadangan energi yang keluar. Dengan begitu nggak ada gap yang jauh antara berkurangnya energi dan pengisian energi. So, kamu nggak ada alasan buat lemas setelah olahraga saat puasa.


  1. Buat variasi dalam olahraga

Nah ini penting nih, biar nggak bosan sama olahraga. Apalagi buat si pemalas yang punya cita-cita rajin olahraga. Kayak aku wkwkwk.

Aku biasanya olahraga cuma ngikutin video di youtube aja dan yang paling sering aku tonton itu channel Eh Olahraga Yuk. Itu channelnya bagus banget buat kalian yang masih pemula biar termotivasi terus, gerakannya juga variatif dan ada program olahraga tertentu juga yang berisi kumpulan video. Jadi kamu nggak perlu bingung mikir lagi, hari ini mau olahraga apa ya? Semua udah disediain, tinggal usahanya aja yang dikencengin.


  1. Cukupi kebutuhan gizi harian

Selama puasa, waktu makan yang terbatas nggak jadi alasan untuk nggak mencukupi kebutuhan gizi harian. Ini penting, karena sebagai penunjang aktivitas kita seharian. Mencukupi gizi harian nggak perlu dengan makanan mahal kok. Jaman sekarang udah banyak orang yang membagikan resep makanan sehat dengan budget hemat. Semua pilihan ada di kita yang mau usaha atau nggak untuk masak sendiri.


Segitu aja dulu tips yang bisa aku bagikan. Nggak usah banyak-banyak, 4 poin itu aja kalo diamalkan dengan benar, hasilnya kelihatan kok. Besar atau kecilnya hasil juga bergantung pada proses yang kamu jalani dan effort yang kamu keluarkan untuk hal itu. So, jangan malas berolahraga!


*Pssstt… tulisan ini juga sebagai reminder untuk diri sendiri hehe

Share:

0 komentar:

Posting Komentar