Review Buku Petualangan Jack dan Piggy Natal

dok. pribadi (helkasari.com)


Identitas Buku

Judul : Petualangan Jack dan Piggy Natal

Penulis & Ilustrasi : J. K. Rowling & Jim Field

Penerbit         : Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit : 2021

Kota terbit : Jakarta

Ukuran Buku : 20 cm

Jumlah Halaman : 352 halaman


Sinopsis Buku

Secara garis besar, buku ini memang menceritakan petualangan Jack dan seorang 'teman baru' dalam mencari mainan kesayangannya. Namun, pada bab-bab awal kita juga diajak untuk mengetahui latar belakang Jack dan keluarganya lebih dalam, alasan kenapa SP menghilang dan kenapa Jack bisa sangat menyayangi mainannya sampai rela mencari SP sampai ke Tanah Yang Terhilang.


Rentetan petualangan tak terduga dialami Jack dan temannya. Banyak situasi yang menyudutkan dan tak menguntungkan bagi mereka, namun selalu saja ada cara yang membantu mereka agar keluar dari situasi tersebut. Hingga pada suatu titik mereka menyadari kalau malam natal sebentar lagi akan berakhir. Disinilah momen mendebarkan itu terjadi, bisakah Jack menemukan SP dan membawanya kembali dengan selamat? 


dok. pribadi (helkasari.com)


Kenapa Baca Buku Petualangan Jack dan Piggy Natal?

Udah dari lama aku lihat buku ini di display e-commerce beberapa toko buku langganan ku, tapi aku nggak tertarik. Ku pikir, ini hanya novel petualangan anak yang pasti udah ketebak endingnya. Hm yaa maksud ku, apa menariknya membaca cerita petualangan anak kecil dalam mencari mainan kesayangannya?

Waktu berlalu, sampai aku melihat story instagram @ntsana (orang dibalik penulis dan podcaster hits rintiksedu) yang merekomendasikan buku ini. Ditambah lagi laporan dari banyak pengikut instagramnya yang puas dengan novel ini, tentu membuat ku semakin penasaran ingin melahap isi buku ini juga. Bahkan ada pengikutnya yang memberi testimoni, nggak suka baca buku tapi setelah membaca buku rekomendasi Tsana ini membuat dia ketagihan membaca. Dan nggak perlu pikir panjang lagi, aku langsung cekout buku ini. Yhaa, kebetulan pula aku perlu hiburan dengan membaca buku yang ringan-ringan seperti Buku Petualangan Jack dan Piggy Natal.


Menurut Helka…

Seharusnya aku tidak perlu meragukan karya tulisnya J.K. Rowling, meskipun ini novel anak tapi isinya penuh dengan petualangan menantang, nggak tertebak dan nggak terbayangkan oleh ku sebelumnya. Pemilihan kata dan gaya bahasa yang padat dan mudah dipahami membuat imajinasi ku larut dalam alur ceritanya dan dapat dengan jelas membayangkan bagaimana petualangan Jack dalam mencari SP seperti potongan-potongan film. Sekali memutuskan untuk membaca buku ini akan sangat sulit untuk berhenti, karena memang seseru itu. Aku sangat berharap agar novel ini difilmkan sebagai salah satu film pilihan pengisi libur natal dan tahun baru.


Kelebihan Buku Petualangan Jack dan Piggy Natal

  • Ada ilustrasi yang menggambarkan latar dan situasi yang dialami tokoh

  • Meskipun bukunya tebal, tetap mudah memahami alur ceritanya

  • Tidak membosankan *iyaalahh namanya juga novel petualangan


Kelemahan Buku Petualangan Jack dan Piggy Natal

  • sulit untuk mencari kekurangan dari buku ini, karena aku terlalu larut dalam ceritanya. Tapi sepanjang pengalaman ku selama membaca buku ini, aku merasa ada beberapa situasi yang aku bingung membayangkan bagaimana situasinya. Jadi harus membacanya dengan seksama agar benar-benar bisa memahami situasi tersebut. 


Kesimpulan

Buku ini layak dan sangat aku rekomendasikan untuk dibaca semua kalangan, baik untuk melatih imajinasi pada orang dewasa maupun anak-anak. Sulit untuk menjelaskan bagaimana serunya novel ini jika tidak membacanya sendiri. Jadi mari membaca dan rasakan sendiri sensasinya.


Tidak ada komentar