6 Tempat Belajar Kerajinan Tangan Online

Setelah pandemi, banyak kegiatan offline yang beradaptasi menjadi online agar tetap bisa eksis, selain itu dengan adanya kegiatan online bisa menjangkau audience lebih luas lagi. Aku sendiri merasakan manfaatnya, berkat adanya kegiatan kursus online, khususnya di bidang kerajinan tangan yang seringnya ada di Pulau Jawa. Sekarang aku bisa ikut tanpa harus keluar biaya banyak untuk akomodasi dan sebagainya. Cukup biaya registrasi untuk kursus dan bahan saja. Setelah itu, tunggu bahan datang dan kelas dimulai. Praktis sekali bukan?

Umumnya kursus kerajinan tangan online ini tersedia dalam bentuk pola tertulis (cetak maupun pdf) dan/atau dalam bentuk video. Jika tersedia dalam bentuk video, berarti kursus ini benar-benar diperuntukkan untuk pemula yang baru belajar. Untuk itu perlu jaringan dari Internet Provider yang bisa mensupport kegiatan tersebut, agar kegiatan yang sebelumnya sudah mudah menjadi lebih lancar. Jika ditanya internet provider apa yang biasa aku pakai, tentu saja aku pakai IndiHome. Karena ketersediaan jaringan internetnya luas dan stabil.


Hohoho, jadi ngalor ngidul.. yuk ah, langsung aja kita bahas beberapa pilihan tempat kursus kerajinan tangan online.


  1. Hook And Go Crochet

Aku sudah pernah ikutan kursus disini pas hook and go masih awal-awal buka kursus crochet online. Waktu itu kelas yang dibuka masih sedikit dan aku ikut kelas membuat amigurumi teddy bear dengan ukuran yang cukup besar. Senangnya, ada free pola buat bikin sepatu bayi rajut. Aku beli kelasnya sekalian sama bahan.

Nggak lupa video dasar-dasar tusukan dalam crochet juga tersedia, jadi mempermudah dalam mengikuti langkah dalam pola tertulis yang dikasih. Selain itu kita bisa konsultasi langsung (japri) via WA juga ke mentornya sampai project kita selesai.

Time flies so fast, sekarang Hook and Go sudah tersedia banyak kelas yang bisa diikuti online maupun offline, baik yang rombongan maupun yang private. Kelas yang tersedia antara lain merajut tas, cardigan, topi, sepatu bayi, amigurumi. Terutama tas, ada banyak serinya loh. Bisa cek instagramnya Hook And Go (ig: hookandgocrochet) yuks untuk info detailnya.


  1. Cutepaw Handmade

Awal mula aku belajar amigurumi itu dari sini. Sebelumnya sudah ngikutin dari youtube-nya, tapi ngerasa kurang puas akhirnya ku kepoin instagramnya (ig: cutepawhandmade). Pas banget dia lagi buka kelas membuat amigurumi bunny and bear yang bentuknya gemoyy. Cocok buat jadi gantungan di tas. Nggak pikir panjang, aku langsung ikut.


Aku beli kelasnya lengkap dengan bahan, karena di cutepaw juga jual bahan-bahan merajut seperti benang, hook dan perintilan kecil untuk merajut lainnya. Selain itu, aku juga dapat booklet tertulis (yang dikirim bareng bahan) berisi step by step pembuatan amigurumi. Menurut ku, kalau kalian udah ngerti dasar-dasar merajut, lihat pola di booklet ini aja udah cukup.

Tapi tenang, buat yang belum ngerti dasarnya, tetap disediakan video tutorial dengan langkah detail kok. Sampai langkah menjahit bagian-bagian amiguruminya juga dikasih tahu. Pokoknya ini kelas paling ramah pemula. Terbukti aku sebagai alumni kelas dari kursus yang diadakan Cutepaw Handmade yang sebelumnya nggak bisa baca pola tertulis jadi bisa. Akhirnya untuk kursus merajut selanjutnya aku cukup mengandalkan booklet pola tertulis yang dikasih bareng bahan aja. Oh iya, di Cutepaw Handmade juga terdapat banyak pilihan kelas ya. Kalian bisa cek instagramnya langsung. Mana tahu pengen ikutan juga. Hohoho.


  1. Belajar Calligraphy

Seperti namanya, disini kalian bisa belajar kaligrafi dari 0 sampai expert. Dengan pilihan kelas online, offline dan private. Harga yang ditawarkan untuk setiap pilihan kelas juga beragam, kalian bisa kepoin instagramnya langsung.


Aku belum pernah ikut kelas disini sih, tapi sejauh yang aku kepoin metode pembelajarannya termasuk bagus, apalagi buat yang ngambil kelas online. Sudah disediakan buku untuk latihan dengan step by step yang mudah dipahami. Buat pemula yang mau serius menggeluti bidang kaligrafi, bisa nih ikutan kelas disini. Pasti bisa asal mengikuti arahan dari tutor dan rajin mempraktekkannya di buku latihan yang ada.


  1. Tari Tali Macrame

Ada yang udah pernah mesan kerajinan macrame disini?


Setelah sukses dengan penjualan produk macrame yang telah mencapai pasar luar negeri, akhirnya Tari Tali Macrame mengeluarkan kelas kursus online membuat macramenya juga. Kelasnya baru rilis beberapa bulan ini, tapi sudah terkonsep menyesuaikan dengan kebutuhan pemula yang ingin belajar macrame. Tersedia bahan dan alat membuat macrame yang bisa dibeli secara terpisah dari materi kelasnya. Jadi bisa menyesuaikan kebutuhan yaww.

Yuk ah, kepoin aja instagram Tari Tali Macrame (ig: taritalimacrame) untuk melihat detail materi pembelajaran yang disediakan, siapa tahu cocok.


  1. Bermain Tali

Masih dengan kursus macrame, kali ini dari Bermain Tali (ig: bermaintali). Disini menyediakan kelas macrame dengan project tertentu. Misal menyelesaikan project tas atau wall hanging yang tentu saja ramah untuk pemula. Kelasnya juga sudah termasuk bahan, jadi buat pemula nggak perlu repot cari bahan diluar. Ada juga project table runner untuk yang sudah paham dasar-dasar simpul macrame.

Lengkap pokoknya mah, tinggal sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhannya saja yak.


  1. Mondu Crafts

Terakhir, ada Mondu Crafts (ig: mondu_crafts) yang merupakan tempat kursus untuk belajar punch needle.


Apa itu punch needle? Punch needle adalah seni menyulam dengan benang pada media kain dengan bantuan jarum dan uniknya metode penyulaman disini menekankan jarum tersebut pada media kain mengikuti pola yang ada sehingga menghasilkan hasil sulaman yang gembul dan berisi.

Sebenernya starter kit untuk belajar punch needle ini cukup banyak di marketplace, tapi kalau aku ya, kurang paham sih kalau belajar nggak ada mentornya. Untuk menyelesaikan satu project mungkin bisa, tapi untuk selanjutnya nggak yakin apa bisa sendiri jika tanpa bantuan mentor huhuhu. Kalau kalian orang seperti ku juga, maka aku merekomendasikan Mondu Crafts sebagai tempat belajar punch needle.


Sekian dulu yang bisa aku bagikan, semoga bisa jadi referensi buat teman-teman yang ingin mempelajari hal baru atau sekedar bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luang. Sesuaikan dengan kebutuhan dan minat kalian yaaa.. sampai bertemu di postingan selanjutnya.

3 komentar

  1. Kok nemuuu aja sih konten2 edukasi kaya gini, meskipun aku gak bakat craft tapi aku menikmati loh konten2 kaya gini, seru aja melihat sesuatu yg bagiku itu sulit

    BalasHapus
  2. Masya Allah ulasannya sangat menarik, kok pas sekali saya sedang mencari tempat belajar craft, akhirnya terbantu berkat artikel ini. Terimakasih kakak

    BalasHapus
  3. Konten edukasi seperti ini wajib banget kita pelajari ya mbak. Tidak ada yg namanya bakat alami selama masih punya kemampuan dan kemauan belajar menurutku

    BalasHapus

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini