Rekomendasi Channel Youtube Untuk Belajar Merajut

source: pribadi


Aku belajar merajut udah dari sekolah menengah pertama, saat mata pelajaran kerajinan tangan. Waktu itu masih belajar hal basic kayak chain, single crochet dan double crochet, tapi tugasnya kita dikasih project per kelompok buat bikin cover galon dispenser dari kantong plastik bekas. Jadi selain tujuannya pengen bikin galon dispenser biar keliatan aesthetic juga agar bisa memanfaatkan limbah kantong plastik yang jumlahnya melimpah. Win win solution.

Seiring berjalannya waktu, hobi merajut ku kian tersingkirkan berganti dengan beragam kesibukan. Sampai pada suatu ketika aku perlu memanggil hobi lama itu kembali agar tetap waras. Ditambah lagi, merajut emang punya efek healing. Pas banget udah.


Untuk itu aku mencari referensi beberapa project merajut di youtube menggunakan IndiHome supaya internet lancar sehingga ketemu lah channel-channel langganan yang setia ku pantengin untuk recreate tutorialnya. Apa aja ya, yuk kita bahas satu-satu!


  1. Autumn Flower

Di channel ini menyajikan video review benang, tips dalam merajut dan bisnis rajut, juga sesekali ada tutorial merajut.

Biasanya aku kesini kalau mau lihat review benang dan project apa yang bisa dibuat dari benang tersebut. Jadi kita bisa memperkirakan berapa kira-kira kebutuhan benang dan cocok nggak sama project yang kita mau, sebelum benangnya terbeli yekanss.. lebih efektif. 


  1. DIY Maycraft

Buat yang baru belajar merajut dan pengen bikin project kecil-kecilan, cepat selesai tapi bermanfaat bisa coba ikutin video di channel ini. Tutorialnya mudah diikuti, kebanyakan benang yang dipakai dalam video ini itu polycherry.

Aku ke channel ini kalau pengen menghabiskan sisa benang, terutama benang polycherry. Cocok banget kann… 


  1. Rika Yuanasri

Menurut ku channel ini surganya tutorial tas dan dompet rajut. Meskipun ada juga project kecil lain kayak strap mask, tapi tetap lebih didominasi tutorial tas dan dompet rajut.

Coba deh, kalian cek sendiri channelnya. Pasti ngiler pengen bikin semua. Benang yang digunakan sebagian besar pakai polythick dan polycherry. Project satu gulung benang pun ada. Selain itu tutorialnya mudah diikuti, motifnya variatif, juga ramah pemula.


  1. Gebrina Crochet

Channel ini berisi ragam tutorial produk rajutan yang semua videonya mudah untuk diikuti. Mulai dari tas, dompet, amigurumi, strap mask dan masih banyak lagi. Kalian bisa cek channel tersebut untuk lebih detailnya.



Yang aku suka dari channel ini karena bisa menghasilkan berbagai macam project dengan hasil yang cantik dan tidak membosankan dari motif sederhana seperti sc, hdc dan dc. Ramah pemula sekali. Ditambah lagi padu padan warnanya yang bikin gemess pengen praktekin semua video tutorialnya.


  1. Bachrrur Rizki 

Siapa bilang yang bisa merajut itu hanya perempuan? Faktanya pemilik channel tutorial merajut ini adalah laki-laki. Menurut cerita yang dibagikan di akun instagramnya, ia jadi bisa merajut karena ibunya punya usaha rajutan. Terutama tas rajut. Sehingga sedari kecil ia sudah terbiasa dengan dunia merajut dan segala perintilannya.

Penjelasan yang disajikan Bachrrur Rizki dalam videonya sangat jelas dan detail, sehingga memudahkan pemula untuk mengikuti langkah-langkahnya. Yang aku suka dari channel ini karena terdapat banyak modifikasi motif sederhana tapi hasilnya tetap cantik dan elegan. Project satu gulung benang pun ada, tapi kebanyakan projectnya menggunakan benang katun rami atau bisa juga poly kilap.

Segitu dulu channel youtube yang bisa aku referensikan bagi pemula yang ingin mengeksplor keahliannya dalam merajut. Sebenarnya masih ada channel lain, tapi kapan-kapan aku bikin part 2 nya deh. Nggak lupa selama streaming video tutorial dari channel-channel youtube diatas aku selalu menggunakan Internet Provider dari Telkom Indonesia, IndiHome. Biar jaringannya stabil, so, belajar merajut pun jadi mudah karena nggak ngelag ditengah video.


Hohoho, see you di next postingan yaw.

4 komentar

  1. Aku tuh sama merajut sekedar bisa tapi tidak tekun, gak sabaran soalnya menunggu selesainya dan rumitnya hehehe. Aku salut sekarang kreativitas para perajut makin menjadi, makin unik dan kreatif

    BalasHapus
  2. Merajut termasuk skill yg bs membuat pikiran yg kalut jadi enak. Tapi jujur buat orang seperti aku gak bisa melakukan sesuatu dalam durasi panjang. Jadi sampai sekarang masih maju mundur mau belajar merajut.huhu

    BalasHapus
  3. Saya ada kepikiran buat belajar merajut juga, mau bikin bookmark rajut unyu seperti punya para booklover lain. Tapi masih sekedar rencana, belum terealisasi, wkwkwk.

    BalasHapus
  4. Saya ada kepikiran buat belajar merajut juga, mau bikin bookmark rajut unyu seperti punya para booklover lain. Tapi masih sekedar rencana, belum terealisasi, wkwkwk.

    BalasHapus

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini