Solitaire, Situs Game Online Gratis Pengusir Kejenuhan


Pada familiar nggak dengan kata solitaire? Kedengarannya kayak nggak asing kan? Atau ada yang udah pernah memainkan gamenya?

Iyep, setiap dengar kata solitaire pasti ingatan ku langsung tertuju pada permainan kartu. Inget banget dulu aku suka mainin game ini di komputer sekolah, pas praktek mata pelajaran komputer. Kalau sudah selesai praktek kan bingung tuh mau ngapain, jadilah 'ngubek-ngubek' isi komputer nyari game yang bisa dimainin dan ketemunya si solitaire ini.


tampilan depan saat membuka situs solitire.org (dok. pribadi)


Dulu game solitaire masih belum ada versi onlinenya. Dan baru-baru ini aku tahu kalau game solitaire sudah tersedia versi online yang bisa diakses di situs solitaire.org. Cukup sediakan jaringan internet saja.


Menariknya saat ku kepoin situsnya di solitaire.org ada banyak game seru selain game kartu loh. Minusnya ragam game lain ini hanya bisa diakses kalo kita buka di komputer, sedangkan di handphone, tetap cuma bisa main kartu tok. Tapi masih bisa lah ya, buat jadi teman nunggu jam pulang kerja dikala kerjaan udah beres. Biar tetap kelihatan 'kerja' hahahaha..



Ragam Game Lain di Situs Solitaire.org

Seperti yang udah aku singgung sebelumnya, dalam versi web cukup banyak game lain yang bisa dimainkan, antara lain Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logo Puzzles dan Word.


Nah, dalam setiap game diatas tersedia lagi variasi permainannya. Contohnya untuk game Mahjong sendiri saja ada 7 variasi seperti solitaire, 3D, animal connection, china, cooking, golden autumn, dan panda. Ini buat game mahjong aja ya, belum yang lain.


Berikut detail jenis variasi game yang tersedia:

  1. Solitaire : Classic, klondike, spider, freecell, pyramid, tripeaks, dan golf.

  2. Card : Blackjack, crazy eights, euchre, gin rummy, hearts, spite & malice.

  3. Mahjong : Solitaire, 3D, animal connection, china, cooking, golden autumn, dan panda.

  4. Hidden Object : Castle, china, circus, garden, hotel, kitchen, pirate, dan princess.

  5. Match 3 : Candy fiesta, candy house, same game, treasure of atlantis, zuma ball, zuma legend.

  6. Logic Puzzle : Battleships, chess, crossword, minesweeper, nonograms, sokoban, sudoku, dan tetra blocks.

  7. Word : Crossword, word search, letter logic, letter scramble, wordoku.


Banyak sekali bukan?

Nggak bakalan jenuh deh, karena bisa memainkan game berbeda setiap hari, hanya dalam satu situs website. Psst… bahkan di solitaire.org akan terus ada update game tambahan yang bisa kalian mainkan, jadi game sebanyak yang sudah aku sebutkan diatas itu masih bisa nambah lagi loh. Asikk kan?


Kabar baiknya lagi di situs solitaire.org nggak ada iklan yang bikin riweuh kalo muncul ditengah-tengah permainan. Hihihi, makin seru nih, bisa main game tanpa gangguan.


Ada Keterangan, Sejarah, Peraturan dan Cara Bermain

Untuk setiap game, dibawah layar permainan, ada keterangan mengenai latar belakang game tersebut. Peraturan dan cara memainkannya juga ada tentu saja, ditambah lagi tips dalam memainkan gamenya. Semuanya tersedia dalam satu halaman. Kita cukup scroll ke bawah kalo mau baca detailnya.


salah satu panduan bermain game di situs solitaire.org (dok. pribadi)

Bahkan untuk beberapa game menerangkan sejarah dari game tersebut. Ini menarik sekali. Nggak perlu nunggu lama, aku mulai mengeksplor game yang ada. Hasilnya, ada top 3 game yang aku suka. Apa saja itu?


Mahjong, si Permainan Mix n Match 

tampilan game mahjong 3D (dok. pribadi)

Dulu aku ingatnya pernah memainkan game Mahjong ini dengan nama Mahjong Titans yang isinya cuma mencocokkan huruf China. Tapi kalo di situs solitaire.org ini game Mahjong punya 7 variasi seperti yang sudah ku sebutkan diatas. Basicnya sama yaitu mencocokkan gambar, tapi tantangan setiap variasinya tentu berbeda-beda.


Sejauh yang aku mainkan, menurut ku, sebagian besar variasi dari tiap gamenya mudah. Meskipun di titik tertentu ada bagian menantangnya juga yang bikin greget. Nggak lupa ada batasan waktu yang bikin kamu nggak bisa santai dalam menyelesaikan permainannya.


Hidden Object, Mencari Objek yang Hilang

tampilan game hidden object varian pirates (dok. pribadi)

Menurut ku hidden object adalah game yang mudah tapi nggak bisa diremehkan. Mudah karena aturan mainnya kita cukup mencari dan klik objek yang diminta, tapi kita nggak bisa juga meremehkan karena mencari objeknya nggak semudah itu.


Iya, karena semuanya nampak semu. Apalagi kalo objeknya kecil, kalo yang besar sih masih mudah. Meski begitu, aku suka aja sama game ini, melatih kejelian mata. Mana tahu setelah rutin main game ini aku bisa semakin jeli melihat objek kecil di jalanan, kayak duit misalnya hohohoho.


Word Search, Mencari Kata yang Rumit

tampilan game word search setelah selesai permainan (dok. pribadi)

Sesuai namanya, word search yang artinya mencari kata, cara bermainnya persis kayak di buku TTS jaman dulu. Bedanya disini menggunakan kosakata bahasa ingris dan sudah digital tentunya.


Mencari kata disini bisa ku sebut lumayan rumit, karena letak katanya nggak hanya horizontal dan vertikal tapi juga diagonal. Bahkan huruf pada katanya bisa tersusun secara terbalik. Ini tentu membingungkan dan membuat sulit dalam mencari kata yang diminta. Aku saja perlu waktu hampir 11 menit hanya untuk mencari 17 kata. Tapi asik sih, karena bikin penasaran kalo nggak sampai menyelesaikan misi pencarian katanya.


Kesimpulannyaa….

Game ini cocok untuk mengisi kejenuhan dikala suntuk dan bingung mau ngapain, karena pilihan gamenya banyak dan kita nggak perlu menginstall game sebanyak itu di komputer/laptop kita. Cukup akses ke situs solitaire.org saja.


Dan lagi, meskipun gamenya banyak dengan peraturan permainan yang berbeda-beda, kalian nggak usah bingung karena sudah tersedia panduannya dibawah layar permainan. Juga gamenya ringan sehingga ramah untuk pemula. Oh iya, beberapa game disini juga ada pilihan tingkat kesulitannya, jadi buat kalian yang ngerasa sudah pro bisa memilih level hard dan rasakan sensasinya. Wkwkwk apaansi..


Demikian yang bisa aku sampaikan, semoga bisa jadi referensi buat kalian yah. Jangan lupa untuk mencoba beberapa game yang aku sebutkan tadi dan komen dibawah kalian suka game yang mana? Oke okee okeee??


Akhir kata, sampai bertemu di postingan selanjutnya.


Tidak ada komentar

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini