Cara Mengatasi Jerawat Pada Kulit Kering

Cara Mengatasi Jerawat Pada Kulit Kering | Kulit kering ternyata juga bisa berjerawat. Eh, kok bisa? Bukannya jerawat biasanya ada di kulit berminyak aja ya? Jawabannya tentu bisa gaes. Sebagai pemilik kulit kering, aku sempat mengalaminya beberapa minggu setelah melahirkan. Maklum saja, semenjak jadi new mom rasanya penampilan jadi nggak keurus. Boro-boro mau pakai step skincare dengan lengkap, bisa cuci muka aja udah pencapaian banget huhu..


source: www.pexel.com


Tapi memang penyebab utama jerawat pada kulit kering dipicu oleh menumpuknya sel kulit mati dengan sebum (minyak). Ternyata kondisi kulit yang kering juga bisa memicu kelenjar keringat di bawah kulit loh, sehingga kelenjar tersebut memproduksi sebum. Kondisi seperti itulah yang membuat tumbuhnya jerawat. Namun nggak usah risau bestie, selalu ada solusi untuk setiap masalah. Disini aku akan membagikan cara mengatasi jerawat pada kulit kering. Simak sampai selesai ya..


  1. Hindari Terlalu Sering Mencuci Wajah

Membersihkan wajah memang penting, tapi jangan keseringan juga. Sebab mencuci wajah terlalu sering dapat membuat kulit semakin kering. Idealnya, mencuci muka cukup dua kali sehari. Satu kali saat pagi hari sebelum beraktivitas dan satu kalo saat malam hari setelah beraktivitas.  Secukupnya aja ya gaes, karena segala yang berlebihan itu nggak baik.


  1. Gunakan Sabun Pembersih Wajah Yang Busanya Sedikit

Sabun cuci muka yang terlalu banyak busa juga dapat menyebabkan kulit kering, karena zat kimia yang berlebihan pada busa membuat sebum (minyak) alami pada kulit menghilang. Itulah kenapa bisa ada sensasi kulit terasa ketarik setelah selesai cuci muka. Jadi si sebum ini kalau sampai hilang nggak baik juga, apalagi kalau jumlahnya berlebihan. Makanya kita perlu memperhatikan intensitas mencuci wajah dan busa sabun agar kelembaban dan pH kulit tetap terjaga dengan baik.


source: https://www.istockphoto.com/

  1. Jangan Pernah Skip Pelembab (Moisturizer)

Pelembab ini sangat penting dan jangan pernah diskip buat kalian para pemilik kulit kering, karena selain tugas utamanya melembabkan kulit, juga bertindak sebagai penghalang oklusif untuk melindungi kulit.

Buat yang bingung mau pakai pelembab apa dan pengen coba-coba dulu, kalian bisa coba SAVIOSA Hydraglow Cream + Ceramide. Karena pelembab ini nggak hanya cocok untuk si pemilik kulit kering, tapi juga cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Menariknya pelembab ini juga bisa dipakai dari usia remaja hingga dewasa, loh.

SAVIOSA Hydraglow Cream + Ceramide ini mengandung 7x bahan aktif seperti niacinamide, ceramide, sodium hyaluronate, licorice root, tocopheryl acetate, aloe barbadensis, dan bisabolol. Berfungsi untuk menguatkan dan memperbaiki kondisi skin barrier, mengunci kelembaban, mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, serta menjaga elastisitas kulit.

Cara penggunannya simpel banget. Ambil cream secukupnya, oleskan pada wajah dan leher dengan perlahan, tunggu hingga meresap. Pelembab ini juga dapat digunakan siang dan malam. Untuk siang, bisa digunakan sebelum pakai sunscreen. Sedangkan malam, bisa digunakan pada step akhir rangkaian skincare malam. Selalu gunakan secara teratur ya.


  1. Gunakan Obat Totol Jerawat

Jurus pamungkas ketika jerawat lagi membandel, aku biasanya menggunakan obat totol jerawat untuk mengurangi peradangan serta mempercepat penyembuhannya. Hindari memencet jerawat ya, karena malah bikin wajah iritasi. Langkah paling amannya ya pakai obat totol jerawat ini.


source: https://www.istockphoto.com/


Itu dia cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang bisa kalian lakukan. Semoga cara tersebut menjawab keresahan kalian akan jerawat yang muncul pada kulit kering. Semoga bermanfaat.


4 komentar

  1. Kadang gemes banget mau pencet2 jerawat nih. Obat totol jerawat andalan banget aku juga hahaha.Bener bgt, perawatan yang tepat dan jangan skip2 memang kunci menjaga gak sampai jerawatan hihi.tks mbak helka..

    BalasHapus
  2. Dulu aku kira jerawat hanya muncul pada kulit berminyak. Ternyata kulit kering bisa terkena jerawat juga. Dengan perawatan yg tepat bisa hilang ya mbak

    BalasHapus
  3. Bener banget, kulitku kering jg tp bisa jerawatan. Tp biasanya itu kalo pas pms sih. Dan aku Uda buktikan solusinya emang bener, aku skrg mengurangi cuci muka pake sabun dan mengurangi sabun berbusa. Alhamdulillah aman

    BalasHapus
  4. wah skincare lokal ya ini? jadi penasaran nih sama produk-produknya saviosa apa aja

    BalasHapus

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini