5 Alasan Laptop ASUS ROG Strix Scar 16 Jadi Incaran Para Gamers


Serial laptop Rog Strix dari perusahaan ASUS memang dikenal sebagai laptop gaming dengan performa yang menjanjikan. Pada tahun 2023, ASUS kembali merilis
laptop gaming terbarunya, yakni ASUS ROG Strix Scar 16. Dengan performa serta fitur yang ekslusif, laptop ini banyak menjadi incaran para gamers.

Laptop yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 66.999.000 memiliki berbagai keunggulan, seperti ditenagai oleh prosesor intel terbaru, sistem pendingin yang powerful, layar dengan visual yang memuaskan, dan masih banyak keunggulan yang lainnya. Info selengkapnya akan dibahas pada artikel berikut. 

5 Alasan Laptop ASUS ROG Strix Scar 16 Jadi Incaran Para Gamers

Sebagai gamers profesional, tentunya lebih memilih laptop gaming dengan performa yang powerful. Nah, laptop ASUS ROG Strix Scar 16 bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Laptop ini bahkan diklaim sebagai laptop gaming paling kencang untuk tahun ini. Setidaknya ada lima alasan kenapa laptop gaming ASUS ROG Strix Scar 16 menjadi incaran pada gamers. 

  1. Ditenagai Prosesor Intel Terbaru 

Laptop ASUS ROG Strix Scar 16 ditenagai oleh prosesor intel terbaru, yakni prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX menggunakan konfigurasi 24 core dan 32 thread, serta dapat bekerja di frekuensi hingga 5,6GHz. Sehingga tak diragukan lagi, perangkat ini mampu menjalankan berbagai aplikasi serta game dengan lancar. 


Tampilan grafisnya pun patut diacungi jempol berkat chip grafis series tertinggi NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 dan memiliki TGP hingga 175W.  Ditambah dengan teknologi MUX Switch yang mendukung keseluruhan potensi performa dari chip grafis agar lebih maksimal.  

  1. Menggunakan Teknologi Tri-Fan Technology

Untuk mempertahankan performa yang optimal, ASUS menghadirkan sistem pendingin dengan Tri-Fan Technology. Menggabungkan tiga kipas khusus untuk mendinginkan komponen-komponen pada laptop. Tidak hanya itu, laptop terbaru ini juga didesain memiliki Full-Width Heatsink yang membentang sepanjang bagian belakang bodi untuk memaksimalkan proses pelepasan panas. 


Didukung juga dengan Thermal Grizzly yang memanfaatkan liquid metal dengan Conductonaut Extreme sebagai pengganti thermal paste. Liquid metal ini mampu menghantarkan panas dengan baik. Kombinasi ketiganya mampu membuat performa laptop semakin canggih dan mengesankan.

  1. Konektivitas Lengkap

Laptop ASUS ROG Strix Scar 16 memiliki konektivitas yang lengkap. Untuk port terdapat HDMI 2.1 yang dapat dihubungkan ke layar tambahan, 2.5Gbps LAN berfungsi agar konektivitas lebih stabil menggunakan kabel, hingga 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan perangkat audio. 


Dilengkapi juga dengan USB 3.2 Type-C yang didukung fitur DisplayPort™ dan USB Power Delivery. Ada juga USB 3.2 Type-A untuk menghubungkan perangkat pendukung seperti keyboard dan mouse. Tak hanya itu, ada satu port USB Type-C Thunderbolt 4™ yang unggul dengan kecepatan transfer tinggi dan kompatibel dengan berbagai aksesori dan perangkat modern. 


Laptop gaming ASUS ROG Strix SCAR 16 juga memiliki konektivitas nirkabel WiFi 6E dengan fitur tri-band. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk terhubung ke tiga frekuensi jaringan WiFi, yaitu 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Fitur ini juga dilengkapi dengan Bluetooth® 5.2 terbaru yang mampu menghubungkan perangkat eksternal seperti mouse, keyboard, ataupun gaming controller ekstra.

  1. Layar Gaming Dilengkapi fitur Eye Care

Pada layar ASUS ROG Strix Scar 16 dilengkapi dengan fitur Eye Care berkat teknologi ROG Nebula HDR yang meminimalisir dampak radiasi sinar biru pada mata. Memiliki layar 16 inci dengan aspek rasio 16:10, perangkat ini menggunakan panel mini LED berteknologi ROG Nebula Display HDR dengan resolusi WQXGA (Wide Quad Extended Graphics Array) 2560 x 1600 piksel.  


Dengan adanya teknologi ROG Nebula HDR ini dapat membuat visual laptop menjadi memuaskan. Apalagi didukung dengan color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Selain itu, laptop ini juga dibekali refresh rate 240Hz dan waktu respons 3ms serta mendukung fitur Adaptive Sync dan Dolby Vision HDR.


sumber : rog.asus.com

  1. Keyboard dan Ketahanan Baterai 

Laptop ASUS ROG Strix Scar 16 memiliki keyboard bergaya chiclet yang dilengkapi dengan lampu latar RGB per tombol yang dapat diatur melalui aplikasi Armoury Crate dalam laptop. Dilengkapi juga dengan touchpad kaca yang nyaman digunakan dengan permukaan yang halus dan respons sentuhannya yang bagus. Touchpad tersebut juga didukung dengan Numpad LED dan dukungan gerakan Windows 11.  


Untuk baterai, laptop terbaru dari ASUS ini dibekali dengan kapasitas 4 cell 4S1P Li-ion 90WHrs dengan adaptor pengisi daya 330W. Terdapat fitur fast charge, laptop ini diklaim  dapat mengisi baterai sebesar 50% dalam jangka waktu 30 menit. 


sumber : rog.asus.com

 

ASUS ROG Strix Scar 16 adalah pilihan tepat buat para gamer yang menginginkan laptop gaming dengan kombinasi performa tinggi dan desain yang menarik. Fitur-fitur unggulan seperti layar besar, prosesor dan kartu grafis yang kuat, serta sistem pendinginan yang efisien menjadikannya investasi yang layak bagi gamers profesional.

Tidak ada komentar