Anak Malas Makan? Bisa Coba Tips Dari Nikita Willy ini!


Sebentar lagi anak ku Hanan, memasuki masa MPASI. Sebagai ibu baru dengan idealismenya, aku ingin bereksperimen membuat MPASI sendiri, berbekal pengetahuan dari ig-nya dr. Tan. Semoga nggak banyak drama yang ku jumpai nanti.

Seperti banyaknya keluhan yang sering ku dengar di obrolan ibu-ibu, ada kalanya anak akan mengalami susah makan bahkan melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut). Momen ini adalah momen paling menakutkan. Fase anak tidak mau makan sebenarnya adalah hal yang biasa dan pasti terjadi. Akan tetapi saat anak menolak makan, pasti banyak ibu yang merasa stress dan frustasi.

Bagaimana tidak, karena bagi seorang ibu anak mau makan masakannya adalah segalanya. Bayangkan saja jika seorang ibu sudah menyiapkan masakan terbaik tapi langsung ditolak sama anak, pasti akan emosi. Selain dari sisi perasaan, ibu juga selalu overthinking masalah pemenuhan gizi anak. Jika anak tidak mau makan, ibu pasti langsung takut anaknya tidak dapat tumbuh dan berkembang sesuai usianya.

Nikita Willy pun pernah merasakan hal ini saat mengasuh baby Issa. Namun mulai saat ini, kita harus menyadari bahwa anak tidak mau makan adalah hal yang wajar, semua ada masanya.  Memang saat anak semakin besar pasti terjadi perubahan ketertarikan anak, misal saat 7 bulan ke atas anak akan lebih tertarik untuk bermain dibandingkan makan.

Ini 4 Tips Saat Anak Malas Makan dari Nikita Willy

Aku bisa sedikit lebih tenang, sebab Nikita Willy punya cara yang bisa diterapkan oleh orangtua saat anak mulai sering menolak makanan yang diberikan. Mungkin akan sedikit sulit dilakukan, namun orang tua harus mencoba menerapkannya dari sekarang. Simak tips dari Nikita Willy di bawah ini:

  1. Jangan Panik dan Bingung

Sebelum memiliki anak memang sudah seharusnya menguasai ilmu parenting terlebih dahulu, seperti Nikita. Menurutnya bahwa, ketika bayi sudah berusia 6-9 bulan maka karakternya akan berubah, orang tua tidak boleh kaget dengan hal ini. Cobalah terima dengan sadar dan tetap tenang menghadapinya, kemudian perlahan ubah kebiasaan si kecil.

Dalam fase ini biasanya Nikita membiarkan anak untuk menyantap makanannya sendiri tanpa bantuan. Namun ketika Issa mulai malas, barulah sang ibu membantu menyuapinya. Jadi orang tua memang harus memahami kebiasaan makan si kecil agar tidak panik.

  1. Tidak Memaksa

Jangan anggap anak itu adalah bayi yang tidak mengerti apa-apa, tapi anak juga manusia dalam ukuran kecil yang punya keinginan sendiri. Jadi jangan paksa makan ketika dia memang sedang tidak ingin makan.

Nikita menerapkan akan menghormati kemauan sang anak dan konsisten memberikan makan pada saat jam makan yang sudah ditetapkan. Dengan menerapkan jam makan, maka secara tidak langsung orang tua sedang mengajarkan rasa lapar pada anak, sehingga anak akan mencari makanan karena membutuhkannya.

Disamping menertibkan anak, kamu juga bisa mulai memvariasikan menu makanan yang diberikan kepada anak. Membuat variasi menu akan lebih mudah menggunakan Rice Cooker Miyako, karena memiliki banyak fungsi yang akan memudahkan dalam membuat makanan.

Nikita Willy pakai Miyako juga lho, untuk membantunya menyiapkan menu anak sehari-hari. Pilihan Nikita jatuh pada Rice Cooker Miyako dengan panci Miyako Nanoal di dalamnya. Panci Nanoal pilihan Nikita memiliki keunggulan yaitu lapisan anti lengketnya 10x lebih tahan lama. Jadi kamu tidak perlu resah saat menanak nasi atau memasak masakan lainnya menggunakan rice cooker dari Miyako Indonesia.

  1. Jangan Menggendong Anak Saat Makan

Saat anak makan sebaiknya duduk di kursi makan khusus miliknya, namun jika sudah bosan atau tidak betah maka segera pindahkan saja ke meja makan. Namun jika masih menolak, bisa diajak ke teras bersama kursinya atau minta bantuan anggota keluarga lain untuk memangkunya.

Menurut Nikita sebaiknya anak jangan digendong saat makan agar tidak merepotkan orangtua. Selain itu hal ini akan menjadi kebiasaan bagi anak jika merasa nyaman digendong sambil makan, maka akan keterusan minta gendong.

  1. Hindari Langsung Mengganti Menu Makanan

Ketika anak menolak makanan yang dihidangkan dan selalu menghindari makanan, sebaiknya orang tua jangan langsung menggantinya dengan makanan yang anak sukai. Hal ini penting dilakukan untuk membiasakan anak agar tidak picky eater karena selalu memilih makanan yang disukai.

Menarik sekali tips mengatasi anak susah makan dari Nikita Willy, memang dibutuhkan kesabaran untuk melakukannya. Namun sebagai orang tua memang harus selalu belajar dalam memberikan yang terbaik untuk anak. Jangan sampai abai ketika anak susah makan, karena akan berpengaruh pada kecukupan gizinya.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki rice cooker Miyako untuk mempermudah pemberian kecukupan gizi pada anak, silakan kunjungi miyako official sekarang juga. Dapatkan berbagai merek produk Miyako dengan harga terjangkau dan pastinya kualitas terjamin.





14 komentar

  1. wah si bayik gak berasa udah mau MPASI aja nih, semoga lancar ya kak MPASI pertamanya. Anak-anak kalo GTM kadang kita sendiri yang bingung yaa haha, mau anak apa sih kalau tutup mulut begitu

    BalasHapus
  2. Duh gak kerasa nanti helka akan berada di fase ngurusin anak makan ya, semangat ngikutin tipsnya nikita yaaa..

    BalasHapus
  3. Tipsnya nikita ini bener bgt soalnya ponakan susah bgt jngn dipaksa kan jadi pelan2 ajaa akhirnya dia mau juga makan hhi bisa dikeep juga dipraktikan nanti nih ka🥰

    BalasHapus
  4. mantab betuulll Nikita ini mom yang luar biasa inspoliring

    pastinya tips ini berguna buat para moms apalagi kalo anaknyaaa mulaj gtm alias gerakan tutup mulut

    BalasHapus
  5. Bener banget tipsnya nikita tuh, apalagi soal gendong anak saat makan. Beneran menghancurkan yang sudah ditanamkan ke anak. Tentang duduk saat makan. Anal jadi jalan-jalan makannya.

    BalasHapus
  6. Anak sudah lewat masa mpasi, tapi tipsnya masih relate. Apalagi yang menghindari langsung mengganti menu, supaya anak lebih menghargai makanan yang ada. Terima kasih tipsnya Kak. Saya juga pengguna rice cooker Miyako, awet

    BalasHapus
  7. Nikita Willy emang panutan yaa mba, seneng deh lihat parenting nya Nikita, bisa juga nih kalo mau ditiru. Tapi galfok sama rice cooker nya, btw aku juga pakai Miyako Nanoal mbaa dan super duper enak banget, anti lengket dan mudah banget dibersihkan.

    BalasHapus
  8. GTM ini memang paling menguras segalanya ya..
    Dari mulai kesabaran, ketenangan hingga kadang menguras tenaga juga karena kudu masak makanan yang mungkin bisa menarik perhatian anak.

    Dan dengan menggunakan Rice Cooker Miyako Nanoal, teman memasak yang paling bisa diandalkan untuk keluarga Indonesia.

    BalasHapus
  9. Saya juga pakai Miyako dengan panci nanoalnya yang antri lengket dan juga multifungsi.

    BalasHapus
  10. Kalo anak GTM emang kudu menemukan sumbernya. Nggak melulu perkara tumgi atau makanan nggak enak. Kalau Miyako nanoal ini bisa jadi andalan bikin nasi punel yang low sugat sih ya

    BalasHapus
  11. Alhamdullilah dari anak-anak masih masuk MPASI sampai sekarang udah pada dewasa muda alias 20 tahunan ngak ada masalah GTM, kalau sakit aja sih ada sedikit masalah malas makan. Tapi aku naksir sama Rice Cooker Miyako Nanoal lho, bisa jadi referensi nih soalnya rice cooker miyako punya aku yang lama udah jadul banget meskipun masih bagus, miyako awet lho punyaku udah hampir 15 tahun masih bagus.

    BalasHapus
  12. Wah jadi teringat diriku yang waktu kecil suka rewel dan susah makan. Untung besarnya doyan makan apa aja. Nikita Willy ini keren ya gaya parentingnya.

    BalasHapus
  13. Paling sedih memang KLO anak LG susah makan, senewen sendiri. Padahal bagusnya jngn ganti menu dulu yaa. Kebanyakan kyanya KLO ibu2 cari akternatif menu lain deh. Keren MMG gaya parenting Nikita. Bnyk menginspirasi ibu2

    BalasHapus
  14. Mantap sekali tips dari Nikita Willy ini
    Tips ini bisa membantu orang tua yang anaknya susah makan ya mbak

    BalasHapus