5 Manfaat Membacakan Buku Pada Anak


Sebelumnya aku pengen puasa beli buku mengingat rak buku di rumah sudah penuh. Beberapa bahkan masih ada yang belum terbaca. Tapi setelah punya anak, keinginan tersebut ku urungkan.

Aku rutin membeli buku lagi, bukan untuk ku melainkan untuk Hanan. Sebab kegiatan membacakan buku pada anak memiliki segudang manfaat. Mau tahu apa saja? Simak sampai selesai ya..

  1. Mengasah kemampuan berbahasa dan menumbuhkan minat membaca

Otak anak terutama bayi sedang dalam fase menyerap apapun yang didengar dan dilihatnya. Maka dengan rutin membacakan buku pada anak bisa mengasah kemampuannya dalam berbahasa. Moms bisa juga membacakan buku dengan bahasa selain bahasa indonesia supaya anak kenal dengan beragam bahasa sejak dini.

Manfaat lainnya ialah memperkaya kosakata baru, meningkatkan kemampuan memahami dan menggunakan struktur kalimat yang lebih kompleks, sehingga menumbuhkan minat membaca.

Otak anak yang sudah terbiasa menyerap ragam informasi baru membuat rasa ingin tahunya tinggi dan semangat dalam belajar banyak hal.

  1. Merangsang fungsi otak dan kognitif

Membacakan buku menjadi kegiatan yang membuat anak fokus pada gambar di buku dan suara Moms, sehingga membuat konsentrasinya meningkat. Ini memungkinkan otak untuk membangun dan memperkuat koneksi antar saraf yang membuat otak anak berkembang. Otak yang berkembang membuat anak berpikir lebih kritis dan kreatif, meningkatkan daya ingat dan kemampuan memecahkan masalah.

  1. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

Membacakan buku pada anak seperti membukakan dunia baru bagi mereka melalui imajinasi yang mereka bangun. Hal jni menjadi kesempatan bagi anak untuk bebas berkreasi dan berekspresi, juga meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir imajinatif dan abstrak. 

  1. Menjalin hubungan yang kuat antara orang tua dan anak

Tentu saja momen membacakan buku pada anak ini dapat membangun bonding kedekatan yang hangat antara orang tua dan anak, serta bisa menjadi kesempatan untuk orang tua menanamkan nilai-nilai kehidupan dan moral dalam berperilaku kepada anak.

  1. Meningkatkan kecerdasan emosional

Dengan membacakan buku, anak dikenalkan dengan beragam emosi sehingga membantunya pula untuk memahami perasaan dan emosi orang lain. Selain itu keterampilan dalam sosial dan komunikasinya juga bisa berkembang.


Untuk memaksimalkan manfaat membacakan buku kepada anak, ada beberapa hal yang bisa Moms perhatikan, yaitu:

  1. Pilihlah buku yang sesuai dengan usia dan minat anak.

  2. Gunakan suara yang ekspresif dan intonasi yang menarik saat membaca.

  3. Berhentilah sejenak untuk bertanya kepada anak tentang pemahaman mereka terhadap cerita.

  4. Biarkan anak berinteraksi dengan buku, seperti menunjuk gambar atau menirukan suara karakter.

  5. Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang untuk membaca.

Ternyata banyak juga ya manfaat membacakan buku pada anak. Setelah ini mulai sediakan waktu untuk membacakan buku pada anak ya, Moms.

Tidak ada komentar