5 Tips Mengajarkan Bahasa Baru ke Anak


Mengetahui bahwa ada begitu banyak manfaat mengajarkan ragam bahasa ke anak yang bisa kalian intip disini, membuat ku mulai mencoba mencari beberapa tips yang bisa dan mudah diterapkan ke anak. Mumpung Hanan masih bayi jadi bisa merencanakan dulu beberapa kegiatan edukatif untuknya hehehe. Berikut tips mengajarkan bahasa baru ke anak..

  1. Dimulai Sejak Dini

Umumnya proses belajar ini bisa dimulai dari usia 2-3 tahun karena anak sudah mulai mudah mempelajari sesuatu. Tapi kalau mau lebih dini lagi, Moms bisa mulai ajari dari usia dibawah dua tahun dengan membiasakannya membacakan buku berbahasa asing, misalnya bahasa inggris. Supaya anak terbiasa dengan kosakata dan penyebutannya.


  1. Buat Proses Belajar Menyenangkan

Anak-anak cenderung termotivasi untuk belajar jika merasa senang dan menikmati prosesnya. Proses belajar yang menyenangkan adalah dengan pendekatan yang disukai anak melalui aktivitas yang disukainya.


  1. Gunakan Metode yang Sesuai Dengan Usia dan Minat Anak

Penggunaan metode yang tepat sesuai dengan usia dan minat anak mendorong anak menjadi antusias dalam belajar. Misalnya jika anak suka membaca, Moms bisa membacakan buku anak berbahasa asing sesuai usianya.


Source: canva

Lalu jika anak aktif, Moms bisa mengajarinya dengan bermain permainan tertentu diiringi lagu berbahasa asing sederhana yang mudah diingat oleh anak. Dengan demikian selain meningkatkan bonding antara Moms dan si kecil, proses belajar jadi nggak membosankan baginya.


  1. Jadilah Panutan

Jika Moms ingin anak fasih berbahasa inggris atau asing lainnya, Moms juga harus menggunakan bahasa tersebut untuk percakapan sehari-hari. Sehingga pelan-pelan anak akan jadi terbiasa menggunakan bahasa tersebut dalam kesehariannya.


  1. Beri Kesempatan Anak Untuk Berlatih

Hal terpenting dari belajar adalah mengamalkan atau mempraktekkan ilmunya. Jika bahasa baru yang dipelajari bisa diterapkan dengan baik, beri kesempatan anak untuk berlatih melalui membaca, menulis dan berbicara. Biarkan ia berkreasi dengan kreativitasnya sambil Moms dampingi aktivitasnya.


Begitulah tips yang bisa Moms terapkan untuk mengajarkan bahasa baru ke anak. Moms bisa  berkreasi agar anak menyukai proses belajarnya.

Tidak ada komentar