Helka's Throwback 2023



Mumpung masih awal tahun, mau bikin throwback tentang momen paling membekas tahun lalu. Banyak sekali momen yang membekas di tahun 2023, terutama tentang up and down kehidupan, pencapaian, kegagalan, serta hal-hal tak terduga yang datang silih berganti. Melalui postingan ini aku ingin bercerita tentang semuanya. Selamat membaca.


Januari.

  • Membuka tahun 2023 dengan menjadi pengangguran wkwk. Memutuskan resign bulan lalu demi kewarasan saat mengandung dan menyelesaikan kuliah. Resign ini pilihan yang cukup berat apalagi aku ini sandgen, tapi mau bagaimana lagi? Kapasitas diri ku overload dalam menjalankan peran sebagai istri, anak, mahasiswa, karyawan dan sebentar lagi calon ibu. Huhu, aku belum setangguh itu untuk bertahan. Terserahlah mau dibilang cengeng atau lebay, tapi ini tentang hidup ku.

  • Mendaftar pelatihan desain grafis di BLK dan LULUS.


Februari.

  • Liburan keluar kota, staycation di hotel, menghadiri wisuda teman, belanja keperluan bumil dan bayi. Ini bulan paling menyenangkan di tahun 2023. Aku nggak tahu kapan lagi aku bisa melakukan perjalanan setelah punya bayi. Aku menikmati setiap menit perjalanannya.

  • USG di 22 minggu kehamilan and its a boy!


Maret.

  • Mulai pelatihan desain grafis di BLK Tanjung untuk mengisi waktu luang sekaligus pengen nambah skill. Sungguh bumil yang haus ilmu.

  • Ikut pelatihan dalam kondisi hamil tentu saja jadi pusat perhatian dan mengkhawatirkan, sebab diawal masuk pelatihan ada materi bintalsik dimana semua peserta melakukan pelatihan kedisiplinan dan baris-berbaris ditengah terik panas matahari. Helka si people pleaser ini nggak berani bilang tengah mengandung, jadilah turut menghadapi semuanya. Bersyukur kandungan ku nggak apa-apa.


April.

  • Cuaca panas bertepatan dengan bulan Ramadan. Kala itu usia kandungan ku memasuki bulan ke tujuh. Deg-degan semakin dekat dengan hari H menyambut kelahiran buah hati. Aku juga berpuasa dan masih meneruskan pelatihan di minggu-minggu terakhir. Alhamdulillah aku masih kuat mengahadapinya. Si bayi dalam perut sepertinya nggak ada protes. Aku juga nggak mengalami gejala kehamilan aneh lainnya.


Mei.

  • Satu bulan sebelum persalinan. Aku mencoba menyelesaikan project-project rajut supaya ketika sudah punya anak nanti bisa lebih fokus ke anak ketimbang project rajutan. Hehehe.

  • Dapat 100 dolar pertama dari job blog post di Intellifluence.


Juni.

  • Hal luar biasa di bulan Juni adalah kelahiran Hanan. Aku nggak akan pernah melupakan momen pertama kali merasakan proses kontraksi persalinan hingga lahirnya bayi menggemaskan yang kami beri nama Hanan. Cerita persalinan itu sudah ku ceritakan disini.

  • Di usia kehamilan 36 minggu aku melaksanakan seminar proposal. Aku punya target agar lulus kuliah tahun ini.


Juli.

  • Beradaptasi menjadi orang tua, sangat-sangat tidak mudah. Baby blues, kurang tidur dan drama newborn lainnya. Bulan ini aku down dan merasa menyedihkan sekali. Hari-hari ku hanya di rumah. Si anak rumahan ini ternyata stres juga berada di rumah dalam waktu yang lama. Apalagi melihat pencapaian teman sebaya yang traveling keluar kota, bekerja, sampai ada yang sibuk memulai bisnis barunya. 

  • Menggarap kembali proposal skripsi dan melakukan penelitian ditengah kondisi mental yang kacau balau. Beruntung aku punya support system yang siap membantu segalanya.

 

Agustus.

  • Aqiqah dan tasmiyah Hanan. Senang sekali sebab Hanan ini satu-satunya dari keluarga ku dan keluarga suami yang di aqiqah. Alhamdulillah ada rezekinya. Agak norak emang kalau menyebut ini sebuah pencapaian, tapi memang begitu adanya. Kami bukan dari keluarga yang berada jadi ketika kami bisa menunaikan apa yang dulu tidak kesampaian. Rasanya bangga sekali.

  • 15 Agustus 2023, helka maju sidang dan LULUS!!!


September.

  • Yudisium. Proud myself. Tapi semua ini juga berkat campur tangan Allah SWT, doa dan dukungan dari orang tua, suami, adik, keluarga dan orang-orang baik yang membantu mengisi kuesioner penelitian ku.


Oktober.

  • Drama ibu baru berlanjut. Setelah melewati fase newborn, ternyata ada imunisasi di 4 bulan pertama yang bermanfaat sekaligus meresahkan. Meresahkannya sebab si bayi demam dan tentu saja rewel. Mana si bayi mogok nyusu. Tapi nggak perlu galau sebab setelah badan si bayi enakan dia akan kembali ke mode sebelumnya. Jangan takut membawa anak imunisasi ya Moms, sebab manfaat imunisasi itu untuk jangka panjang.

  • 4 bulan setelah melahirkan, aku melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk pertama kalinya. Kunjungan bulanan ke rumah mertua yang berjarak kurang lebih satu jam, rasanya senang karena setelah melahirkan aku belum pernah berjalan sejauh ini, meskipun masih terasa agak nyut-nyutan di area perineum sebab kami menggunakan sepeda motor.

  • Wisudaaaaa.

Bagi sebagian orang momen wisuda itu biasa, tapi buat ku wisuda adalah perayaan dari perjuangan menyelesaikan kuliah. Setiap orang pasti punya ceritanya sendiri dalam perjalanan kuliahnya. 

Mau cerita sedikit, menjadi sarjana adalah salah satu impian yang pengen ku wujudkan. Tapi sadar kalau bukan dari keluarga berada, aku berikhtiar dengan cara kuliah sambil bekerja. Sempat gap year 2 tahun setelah lulus SMK. Sambil ngumpulin modal kuliah, akhirnya aku mendaftar jadi mahasiswa STIA Tabalong di tahun 2019. Perjalanan kuliah tentu nggak mudah, apalagi sambil kerja. Kadang pengen menyerah, cuma pas inget waktu, biaya dan pengorbanan untuk bisa sampai ke titik ini nggak mudah aku pun tetap melanjutkan perjalanan sampai akhirnya bisa wisuda. And yeah.. I’m officially S.AB.


November.

  • Ikut kelas SEO Fundamental batch 3 dari DailySEO ID. Buat ku, ikut kelas ini merupakan investasi leher ke atas terbaik di tahun 2023 sebab ilmunya bisa dipakai untuk berbagai bidang profesi digital. Ikhtiar ku nih, supaya bisa membuka peluang kerja remote. Biar tetap berpenghasilan meskipun bareng si bayik. Hihi. Aku cerita lebih detail tentang pengalaman ku ikut kelas ini disini.


Desember.

  • Hanan sudah genap enam bulan, saatnya MPASI time. Jujur ya, selama dua minggu MPASI rasanya melelahkan. Cucian piring lebih banyak dan rasanya kayak nggak ada habisnya, belum lagi drama saat makan yang suka melepeh dan nggak habis. Huaaaa bikin stres, tapi kalau lihat wajah imut hanan mood jadi langsung membaik. Hehe, emak mood swing banget. Nanti deh aku ceritakan lebih detail cerita MPASI pertama Hanan di postingan lain. Tunggu tanggal tayangnya ya hehehe.


Kira-kira itulah momen paling membekas selama tahun 2023. Semoga tahun 2024 banyak cerita baik yang bisa diceritakan di akhir tahun nanti. Selamat tahun baru 2024, mari bekerja keras agar cerita tahun ini jadi lebih baik lagi!

Tidak ada komentar