Manfaat Mengajarkan Ragam Bahasa ke Anak


Beberapa hari terakhir aku lagi keranjingan nonton youtube channel Kimbab Family. Mood banget setiap liat videonya, kayak bikin semangat buat menerapkan ilmu parenting gitu juga ke anak. Semoga bisa yah hahahah.


Salah satu yang aku suka dari banyak alasan kenapa aku menyukai channel Kimbab Family adalah karena mereka menggunakan dua bahasa di rumah. Bahasa Indonesia dan Bahasa Korea. Pertama kali aku liat video mereka, aku takjub kayak kok bisa ya mereka saling mengerti satu sama lain padahal bahasa yang digunakan berbeda. Ini salah satu hal yang aku suka dan nggak sabar nunggu update video baru.


Belakangan aku baru tahu kalau mengajarkan ragam bahasa ke anak punya banyak manfaat, antara lain,


  1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak

Tentu saja kemampuan anak yang sudah terbiasa dengan ragam bahasa sejak dini lebih baik, berbeda dengan anak yang hanya terbiasa dengan satu bahasa. Hal ini karena mereka belajar membedakan berbagai bunyi dan pola bahasa sejak dini, serta memiliki kesempatan untuk berlatih menggunakan bahasa tersebut.


  1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Anak

Belajar bahasa baru membutuhkan pikiran yang kreatif dan kritis. Anak yang mempelajari bahasa baru akan terlatih untuk berpikir jernih dan memecahkan masalah dengan baik.


  1. Meningkatkan Kreativitas Anak

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa anak yang belajar ragam bahasa sejak dini punya pemikiran kreatif. Anak-anak yang kenal dengan ragam bahasa memiliki lebih banyak peluang untuk mengekplorasi ide dengan lebih banyak kata-kata dan cara untuk mengekspresikan diri.


  1. Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Budaya Lain

Setiap bahasa memiliki karakteristik dari budayanya masing-masing. Dengan belajar bahasa baru, secara tidak langsung anak akan mempelajari pula budaya lain sehingga anak akan lebih terbuka terhadap perbedaan dan memiliki nilai toleransi tinggi.


  1. Meningkatkan Peluang Kerja Anak di Masa Depan

Manfaat mengajarkan ragam bahasa sejak dini memiliki manfaat jangka panjang, sebab di masa depan peluang kerja lebih luas karena ia bisa dan terbiasa berkomunikasi dengan beberapa bahasa asing.


Banyak juga ya Moms, manfaat mengajarkan ragam bahasa ke anak. Pantesan Trio Mini-Yeon (sebutan untuk anak-anak Kimbab Family) pada pinter-pinter semua. Yuk Moms, mulai pertimbangkan untuk mengajarkan ragam bahasa ke anak.

Tidak ada komentar