Pengalaman Ikut Kelas SEO Fundamental di DailySEO ID


November lalu aku upgrade skill baru demi menyambut impian 2024 bisa bekerja dari rumah. Salah satu skill digital yang menurut ku layak untuk dikuasai adalah SEO.


Kenapa Skill SEO Layak Untuk Dipelajari?

Menurut ku, SEO merupakan skill yang banyak dicari dan bisa diterapkan untuk beragam profesi dalam digital marketing. Misalnya seperti blogger, content writer, SEO specialist, sampai pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan website.

Aku sendiri merasa perlu belajar SEO karena ingin mengembangkan blog ku agar lebih profesional.

 

Belajar SEO, Mulai Darimana?

Kalian bisa ikut webinar atau kursus gratis buat perkenalan. Kalau dirasa masih penasaran atau membutuhkan skill SEO, lebih baik mengambil kursus berbayar, karena ilmunya lebih komprehensif dan tertata. Tapi akan lebih bagus lagi kalau ada yang mentorin.


Dulu aku ingat ada kursus SEO dengan target menaikkan DA PA yang cukup populer di kalangan teman-teman blogger, biaya registrasinya gratis tapi wajib komitmen untuk menyelesaikan kursus sampai selesai. Kalau oleng, target tugas nggak tercapai atau nggak nyetor tugas, pasti dikeluarkan dari grup kelas. Menarik dan menantang, tapi sayang saat itu aku belum bisa ikut.


Sekarang pas sudah available, aku pengen serius belajar SEO. Aku sempat ikut kursus di beberapa platform. Berbayar. Namun kurang memuaskan, kursusnya cuma lihat video tapi pas praktek bingung. Nggak ada yang membimbing.


Kebingungan ku nggak terlalu lama karena di Oktober lalu, aku ketemu DailySEO ID punyanya Ilman Akbar. Nama Ilman Akbar cukup familiar, sebab aku sering ikut webinar gratis dengan beliau sebagai mentornya. Kebetulan saat itu DailySEO ID lagi buka kursus SEO fundamental batch 3. Aku tertarik. Ini kursus SEO yang ku cari-cari. Tapi pas lihat harganya. Dompet ku deg-degan.


Pertimbangan Ikut Kelas SEO Fundamental dari DailySEO

Pertama kalinya aku berniat ikut kursus dengan harga lumayan. Sempat ragu awalnya. Ini kalau aku ikut, harus beneran terjun dan menghasilkan nih. Aku emang suka ikut berbagai kursus, sampai suka nggak fokus. Rasanya kayak pengen menguasai semua skill, biar jadi orang yang serba bisa. Tapi sadar diri kalau itu nggak bisa, makanya pengen belajar SEO dulu.


Belajar SEO dengan ahlinya. Cuma di DailySEO ID.


Menurut ku beli ilmu yang sudah ‘masak’ dari mentornya langsung adalah salah satu investasi leher ke atas terbaik. Apalagi kita tahu track record beliau dalam menguasai keahlian tersebut. Insya Allah nggak akan rugi.


Ngepasnya saat itu karena aku sudah menyelesaikan pendidikan dan ada sisa tabungan. Aku pun menggunakannya untuk bergabung di kelas SEO Fundamental batch 3.


Sayangnya karena menunda-nunda buat daftar, aku malah nggak dapat diskon early bird yang potongannya bisa buat jatah pampers Hanan sebulan. Nyesel banget kemaren-kemaren nggak segera daftar. Huhuhu.


Cerita Setelah Kursus SEO Fundamental di DailySEO ID

Aku sangat merekomendasikan kelas ini buat kalian yang pengen belajar SEO. Kalian bisa menimbang sendiri kenapa kelas ini worth it with price setelah membaca cerita ku dibawah.

  • Durasi kursus selama 6 minggu dengan 6 kali pertemuan (asistensi via zoom satu minggu sekali). Nggak mengganggu rutinitas harian.

  • Materi mudah dipraktekkan dan dapat diaplikasikan pada website mana pun.  

  • Materinya mulai dari bikin website terus buat konten sampai cara agar website kita bisa menghasilkan.

  • Penyampaian materinya mudah dipahami dengan metode analogi yang dekat dengan keseharian kita. Memudahkan sekali buat pemula.

  • Flow kursusnya terstruktur, menggunakan WhatsApp Group (buat diskusi), Google Classroom (buat ngumpul tugas dan belajar materi) dan Zoom (buat asistensi/mentoring).

  • Ada tugas setiap minggu yang memaksa kita untuk menggali potensi dan keunikan dari blog yang akan kita bangun. Langkahnya mudah dipraktekkan dan ada sesi asistensi sebelum tugas dikumpulkan. Tugas tersebut bisa jadi portofolio kita juga loh.

  • Ada feedback dari asisten mentor. Ini bagian yang paling aku suka dan sejauh ini belum aku temui di kursus lain. Dari sini kita bisa tahu apa yang kurang dari tugas kita.

  • Ada sesi asistensinya sebagai bimbingan dalam menyelesaikan tugas. Di sesi asistensi juga kita bisa bebas berdiskusi terkait kesulitan selama mengerjakan tugas atau apapun isu mengenai SEO.


At least, secara keseluruhan kelasnya interaktif jadi nggak ada tuh kita cuma diem nonton materi tapi nggak paham isinya. 


Buat kalian yang pengen ikut kelas SEO Fundamental dari DailySEO ID

Pas banget lagi dibuka kelas untuk batch 4 di tanggal 17 Januari 2024 nanti. Biar nggak menyesal kayak aku karena ketinggalan diskon, kalian bisa langsung daftar pakai kode HELKADAILYSEO saat checkout, biar dapat potongan harga 1 juta rupiah dari harga normal 2,5 juta rupiah. Jangan lewatkan kesempatan ini yaaa. Sekian cerita dari alumni hehehe.


Oh iya buat yang masih ragu atau mau pikir-pikir lagi, kalian bisa kepoin disini buat tahu lebih detail terkait kelas yang akan datang.

Tidak ada komentar