3+ Manfaat Humidifier Untuk Bayi

Bulan lalu gigi Hanan tumbuh untuk pertama kalinya, di usia 6 bulan menuju 7 bulan. Proses tumbuh gigi ini membuat Hanan demam dan pilek. Demamnya cukup tinggi, diatas 38° C. Besoknya Hanan ku bawa ke puskesmas.

Di puskesmas aku bertanya ke dokter, memangnya tumbuh gigi bisa menyebabkan demam dan pilek?


Jawabannya hanya demam yang disebabkan oleh tumbuh gigi, sedangkan pilek merupakan infeksi virus dari menurunnya imun tubuh. Wah, baru tahu.


Menghadapi anak yang sedang tumbuh gigi, demam dan pilek ini cukup merepotkan sebab Hanan jadi lebih rewel dari biasanya. Beruntung Hanan masih mau makan meskipun nggak banyak.


Tapi pileknya ini yang bikin dia menderita. Nennya cuma sebentar-sebentar. Rebahan nggak mau, maunya digendong terus. Puncaknya suara Hanan serak. Emak mulai gelisah. 


Lalu malam itu aku coba tidur menggunakan humidifier, sebelumnya memang kurang terpakai sih hehehe. Alhamdulillah Hanan jadi lebih tenang dan bisa tidur dengan nyaman. Tapi tiba-tiba.. humidifiernya mati!


Pas diperlukan malah rusak dong huhu, beruntung malam itu Hanan bisa tertidur nyenyak sampai pagi. Humidifier sendiri adalah alat yang digunakan untuk melembabkan  udara. Humidifier juga punya segudang manfaat, ini yang membuat ku merasa perlu untuk memilikinya di rumah. Apa saja manfaatnya? Simak sampai selesai.


  1. Mencegah Iritasi Kulit dan Bibir

Cuaca panas dan kering dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan bibir bayi sehingga menyebabkan gatal dan pecah-pecah. Humidifier yang berfungsi melembabkan udara agar kulit dan bibir bayi tetap lembab dan terlindungi dari iritasi.


  1. Membantu Meredakan Gejala Pilek dan Hidung Tersumbat

Sejak menggunakan humidifier, pilek Hanan sudah jauh lebih ringan. Ingusnya keluar dan Hanan pun kembali ceria.

Ini merupakan salah satu manfaat humidifier yang aku rasakan kalau humdifier memang membantu meredakan gejala pilek dan hidung tersumbat pada bayi.


  1. Membantu Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan

Udara yang kering menyebabkan saluran pernapasan bayi lebih rentan terhadap infeksi. Karena itulah humidifier bermanfaat untuk melembabkan udara sehingga saluran pernapasan bayi tetap sehat.


  1. Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Hidung yang pilek dan tersumbat serta udara yang kering membuat bayi nggak bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman. Hanan mengalaminya juga kemarin. Beruntung dengan humidifier yang melembabkan udara bisa membuat Hanan tidur nyenyak malam itu



Hampir semua manfaat humidifier pada bayi sudah ku rasakan, makanya saat humidifier di rumah rusak. Aku nggak segan buat membeli yang baru. Kalau kalian sedang mempertimbangkan buat beli humdifier dan bertanya-tanya mengenai manfaatnya. Semoga tulisan ini membantumu, ya.


Tidak ada komentar

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini