Ini Tanda Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

 


Menyusui saat puasa jadi tantangan tersendiri bagi ku karena harus mencukupi kebutuhan cairan agar nggak dehidrasi, sedangkan malam setelah isya mata ku sudah 5 watt. Perut juga rasanya penuh sekali. Dengan waktu makan yang terbatas, aku harus bisa mengatur asupan yang masuk agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.


Dampak Dehidrasi Pada Kulit

Aku khawatir dehidrasi. Sebab dampak dehidrasi nggak hanya berpengaruh pada jumlah ASI, tapi juga pada kulit. Dilansir dari alodokter.com, ketika tubuh dehidrasi, organ tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk kulit. Pasalnya hampir 64% struktur kulit terdiri dari air. Air memegang peranan penting dalam menjaga elastisitas lapisan terluar kulit (epidermis) sekaligus mencegah kulit menjadi kering. 


Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Kulit yang dehidrasi bisa terjadi pada siapa saja dengan jenis kulit apapun, berbeda dengan kulit kering yang merupakan kondisi kulit kekurangan minyak (sebum).


Tanda Kulit Dehidrasi

Kulit yang mengalami dehidrasi memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Kulit terasa kering dan gatal

Aku merasakannya baru-baru ini. Awalnya ku kira biang keringat, tapi nggak ada bintik merah khas biang keringat. Permukaan kulit ku memang kering dan rasanya gatal sekali. Ternyata setelah ditelusuri, benar saja, kulit ku dehidrasi huhuhu.

Penyebabnya penurunan kelembaban kulit akibat dehidrasi membuat kulit menjadi kering. Kondisi ini membuat bakteri lebih mudah masuk ke kulit, sehingga menyebabkan gatal.

  1. Kulit tampak kusam

Kekurangan asupan cairan membuat kulit tampak kusam. Selain itu, dehidrasi akibat kekurangan minum air dapat menimbulkan gejala penuaan dini berupa kerutan di wajah.

  1. Kulit kurang elastis

Lapisan terluar kulit yang tidak mengandung cukup air bisa menyebabkan penurunan elastisitas kulit. Kondisi ini membuat kulit terasa kasar.


Tak hanya keluhan diatas, kulit yang dehidrasi bisa menyebabkan beberapa gejala lain seperti pusing, tubuh lemas, mulut kering, mata cekung dan mata panda.


Cara Mengatasi Dehidrasi Kulit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit yang dehidrasi, antara lain:

  1. Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air minimal 8 gelas sehari

  2. Kurangi minuman beralkohol dan kafein

  3. Mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang

  4. Menggunakan humidifier di ruangan ber-AC untuk menjaga kelembaban udara

  5. Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering. Seperti Moisturizer Cream dari Theraskin yang sudah 100% aman, halal dan terdaftar di BPOM. Harganya juga ramah di kantong, kamu bisa cek disini.


Setelah mengenali tanda-tanda kulit yang dehidrasi dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya, semoga kita bisa lebih sadar sama hal ini ya. Karena kulit yang sehat bikin kita lebih percaya diri untuk melakukan apapun.

Tidak ada komentar

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini