Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Tabalong

 


Lebaran jadi momen kemenangan bagi umat Islam karena sudah mampu menyelesaikan ujian puasa selama satu bulan. Selain itu lebaran jadi ajang untuk silaturahmi antar keluarga. Biasanya di hari pertama sih. Kalau sudah hari kedua dan seterusnya akan dihabiskan dengan liburaaan.


Meskipun liburan keluar kota dan nonton bioskop di mall terdengar menggiurkan. Ya gimana nggak, banyak film bagus keluar pas lebaran gini. Tapi nggak apa-apa deh, di Tabalong sendiri cukup banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat libur lebaran. Kali ini aku mau merekomendasikan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat lebaran di Tabalong.


  1. Riam Bidadari

Terletak di desa Lumbang, Muara Uya tempat wisata Riam Bidadari ini selalu dikunjungi pengunjung untuk healing. Disini kalian bisa camping atau bersantai menikmati pemandangan pegunungan dan berenang di sungai dengan bebatuan yang cukup dangkal. Tapi tetap berhati-hati karena ada beberapa titik yang arusnya cukup deras.


Riam Bidadari (source: koleksi pribadi)

Harga tiket masuk Rp. 5.000/orang. Kalau ingin camping harga tiketnya Rp. 15.000/orang. Selain itu disini ada penyewaan tenda, karpet dan alat camping lain. Di sekitar tempat wisata tersedia banyak warung milik penduduk lokal.

Untuk fasilitas sudah tersedia musholla, wc dan kamar mandi yang cukup memadai. Namun jika sedang ramai pengunjung, harap bersabar karena jumlahnya terbatas.


  1. Taman Sapana

Tempat wisata favorit keluarga yang kids friendly. Disini tersedia ragam area bermain ramah anak (playground), taman burung merpati, tamam kelinci, kolam terapi ikan, ATV arena, dan becak mini.

Biaya masuk Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak-anak. Biaya masuk belum termasuk dengan wahana yang ditawarkan, jadi masih perlu biaya tambahan untuk menikmati wahana didalamnya. Tapi nggak perlu khawatir, karena harganya masih terjangkau. Mulai dari Rp. 10.000 - Rp. 20.000 per orang.

Fasilitas disini juga sudah lumayan lengkap, ada mushola, WC yang tersedia di beberapa titik dan warung makanan & minuman. Biasanya saat akhir pekan, musim libur sekolah, lebaran dan tahun baru tempat ini ramai pengunjung.


  1. Goa Liang Tapah

Goa Liang Tapah merupakan wisata goa yang dibawahnya terdapat perairan, sehingga kalian bisa menikmati dua wisata sekaligus. Pertama, di bagian atas kalian bisa menikmati pesona goa dengan stalaktit dan stalakmitnya. Kedua, di bagian bawah terdapat kolam buatan yang sumber airnya berasal dari perairan dalam goa. Airnya segar banget loh.


View perairan di dalam Goa Liang Tapah

Di bagian kolam ini bisa dinikmati anak-anak dan orang dewasa. Ada penyewaan pelampung ban berbagai ukuran, tapi pastikan untuk selalu mengawasi anak-anak kalau bermain disini.


Kolam depan gua yang mengarah ke kolam buatan

Untuk fasilitas sudah terdapat satu aula yang cukup besar, kamar mandi dan WC. Ada beberapa warung milik warga lokal juga yang berjualan disini.

Lokasinya di desa Garagata Kec. Jaro dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 20 menit dari pusat kota Tabalong. Akses menuju ke lokasi sangat mudah dan bisa dilalui sepeda motor dan mobil, meskipun di beberapa titik masih ada jalan yang belum mulus tapi masih bisa ditolerir. 


  1. Air Terjun Lano

Dari semua tempat wisata yang aku rekomendasikan, air terjun lano yang terjauh sih. Hampir berbatasan dengan perbatasan Kalsel dan Kaltim. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam 30 menit, terletak di Desa Lano Kec. Jaro.

Menurut ku kalau mau kesini cukup effort, karena dari parkiran menuju air terjunnya aja sekitar 500 m berjalan kaki. Sedangkan warung, WC dan kamar mandi terletak nggak begitu jauh dari parkiran. Kebayang nggak tuh, gimana kalau mau ganti baju, BAK, dll.

Pas sampai air terjun, airnya segar dan suasananya masih asri sekali. Pas banget buat healing dengan tema back to nature. Sepanjang jalan setapak menuju ke air terjun juga mata dimanjakan dengan suasana hutan yang masih asri.


  1. Danau Walet

Tempat wisata ini baru dibuka beberapa tahun terakhir. Berlokasi di desa Teratau Kec. Jaro perlu waktu tempuh sekitar 1 jam 4 menit dari pusat kota Tabalong untuk sampai kesini.

Danau Walet merupakan tempat yang cocok untuk yang ingin liburan ke alam, karena sebagian besar tempat ini merupakan danau yang cukup luas dan area camping. Tentu saja bisa camping disini, selain itu ada wahana flying fox, perahu bebek, lanting, perahu jukung dan waterball yang bisa kalian coba.

Fasilitas umum berupa mushola, aula, kamar mandi, WC, dan cafetaria pun tersedia disini. Untuk lebih detailnya, kalian bisa kepoin IG @ekowisatadesateratau yaa..


Sekian untuk rekomendasi tempat wisata yang bisa bisa kalian datangi saat libur lebaran nanti di Tabalong. Semoga membantuuu.

Tidak ada komentar

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini