Serba-serbi Tradisi Ramadhan

 


Bulan Ramadhan selalu disambut dengan sukacita, bahkan dari beberapa bulan sebelumnya. Dalam Islam pun memang dianjurkan memperbanyak ibadah puasa sunah, sedekah dan membaca Al-Qur'an dari bulan Rajab agar saat bertemu bulan Ramadhan, mental kita dalam beribadah semakin siap dan terbiasa menjalaninya.


Momen sukacita di bulan Ramadhan melahirkan ragam tradisi yang dengan sendirinya menjadi kebiasaan masyarakat dalam menyambut dan mengisi bulan Ramadhan supaya lebih bermakna. Apa saja serba-serbi tradisi yang umum selama Ramadhan? Simak sampai selesai.


  1. Gotong Royong Membersihkan Masjid

Di tempat ku mulai dari H-3 sebelum Ramadhan, masyarakat sudah mulai bergotong royong membersihkan masjid atau surau setempat sebagai persiapan untuk kegiatan Ramadhan nanti. Contohnya shalat tarawih berjamaah dan tadarus Al-Qur'an.

Aku belum pernah ikut gotong royong sih, karena ini biasanya bapak-bapak yang turun tangan.


  1. Ziarah ke Makam Keluarga

Ziarah ke makam keluarga yang sudah meninggal atau nyekar lah istilahnya, biasa dilakukan sebelum Ramadhan, menjelang hari raya atau setelah shalat ied. Yang dilakukan saat nyekar biasanya membaca doa, menabur bunga, membersihkan makam dari beberapa rumput liar, atau kalau ketemu sanak keluarga lain jadi bisa sekalian bersalaman hari raya. Jadi ajang silaturahmi dadakan ceunah.


  1. Belanja Kebutuhan Ramadhan

Entah kenapa kalau mau menyambut Ramadhan keinginan belanja kebutuhan dapur buat Ramadhan jadi meningkat. Selain itu perubahan jam makan membuat stok makanan di rumah juga berubah. Aku sih, jadi lebih pengen belanja bahan makanan yang menunjang kemudahan ku dalam menyiapkan menu sahur dan berbuka. Karena selama Ramadhan, membuat menu yang praktis adalah kunci.


  1. Malam Tanglong

Di Kalimantan Selatan biasanya ada event Malam Tanglong di minggu-minggu akhir bulan Ramadhan. Di Tabalong sendiri malam tanglong diisi dengan pawai yang menampilkan beragam kreasi yang diikuti pemuda dari berbagai desa dan kecamatan.

Di Tabalong juga ada lomba bagarakan sahur atau batalintingan. Diadakannya malam juga, tapi bukan saat sahur seperti namanya. Lomba batalintingan ini merupakan lomba memainkan musik dan bernyanyi menggunakan alat dan bahan seadanya dan dibuat sekreatif mungkin. Kebetulan kelurahan asal suami ku selalu menang lomba batalintingan yang diadakan setiao tahunnya. Memang layak menang sih mereka. Selain properti yang digunakan dari barang bekas yang disulap jadi alat musik, lagu dan harmoni yang dibawakan juga selaras dengan alat musiknya. Jadi ya asik dan semangat dengernya.


Sekian cerita serba-serbi tradisi Ramadhan. Semoga kita semua bisa bertemu dengan Ramadhan tahun berikutnya dengan anggota keluarga yang lengkap ya. Aamiin.


Di tempat kalian, ada tradisi apa selama Ramadhan atau saat menyambut Ramadhan?

Tidak ada komentar

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini