PAFI Pariaman: Pengertian, Program Kegiatan, dan Cara Bergabung

 


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan organisasi profesi bagi para ahli farmasi di Indonesia, sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas, kesejahteraan dan kompetensi para SDM Farmasi di negeri ini. PAFI juga menjadi simbol semangat perjuangan dan kesatuan para ahli farmasi Indonesia dalam meningkatkan taraf kesejahteraan umum, terkhusus pada bidang farmasi dan masyarakat.


Untuk mencapai tujuannya, PAFI mengadakan berbagai seminar, program pendidikan, pelatihan dan penelitian yang bisa diikuti setiap anggota PAFI dari berbagai daerah guna tercapainya tujuan utama PAFI.


Tujuan utama PAFI :

  • Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

  • Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

  • Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

  • Meningkatkan Kesejahteraan Anggota


Sejalan dengan tujuan diatas, PAFI juga akan terus memperjuangkan hak dan kepentingan para anggotanya demi meningkatkan kesejahteraan anggota.

Apa Itu PAFI Pariaman?

PAFI Pariaman merupakan salah satu cabang PAFI yang berada di kota Pariaman. PAFI Pariaman beralamat di Jl. Pahlawan 29-41, Kp. Jawa II, Kec. Pariaman Tengah, Sumatera Barat.


Dalam mengimplementasikan misi dan program kerja oleh PAFI pusat, PAFI Pariaman bekerja sama dengan akademisi, pemerintah setempat dan industri farmasi guna memudahkan jalannya program tersebut.


Jadi, dengan adanya PAFI Pariaman diharapkan bisa mendukung berbagai program yang dijalankan agar tercapai SDM farmasi profesional dan sejahtera di kota Pariaman.

Program Kegiatan PAFI Pariaman

Terdapat beberapa program kegiatan PAFI Pariaman sebagai bentuk kontribusi terhadap masyarakat dalam bidang farmasi dan peningkatan kualitas SDM farmasi yang telah dilaksanakan, antara lain sebagai berikut:

  1. Pelatihan dan Pendidikan

PAFI Pariaman menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan para ahli farmasi. Ini mencakup pelatihan teknis, seminar, dan penelitian yang membahas aspek farmasi mulai dari farmasi klinis hingga manajemen farmasi.

  1. Sertifikasi dan Akreditasi

PAFI Pariaman juga mengadakan program sertifikasi dan akreditasi. Tujuannya adalah menguji dan mengakui kemampuan profesional para ahli farmasi, memastikan bahwa mereka memenuhi standar kompetensi tinggi dalam pelayanan farmasi.

  1. Advokasi Kesehatan

PAFI Pariaman berperan aktif dalam advokasi kebijakan kesehatan, terutama yang berkaitan dengan bidang farmasi. Melalui berbagai kegiatan dan program, PAFI Pariaman berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan peran para ahli farmasi.


Manfaat Menjadi Anggota PAFI Pariaman

Ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan jika menjadi anggota PAFI Pariaman, manfaat tersebut antara lain:

  1. Peningkatan Kompetensi dan Pengetahuan

Sebagai anggota PAFI Pariaman, kamu akan mendapatkan akses ke informasi terkini tentang regulasi, teknologi, lowongan kerja dan tren dalam dunia farmasi. Ini memungkinkan kamu untuk mengikuti perubahan dan memiliki daya saing di pasar kerja.

Selain itu juga peningkatan kompetensi melalui pelatihan, seminar/webinar dan program pendidikan juga tersedia bagi para anggota.

  1. Jaringan Profesional Luas

Anggota PAFI terhubung dengan sesama profesional dari berbagai latar belakang, termasuk praktisi dan peneliti. Kamu dapat menambah ilmu dan berbagi pengalaman serta wawasan dalam bidang farmasi.

  1. Dukungan Sosial

PAFI Pariaman memberikan dukungan sosial melalui kegiatan dan pertemuan. Kamu dapat memperluas jaringan dan memperoleh dukungan dari rekan-rekan seprofesi.

PAFI Pariaman juga berusaha untuk memenuhi hak dan kepentingan anggota demi tercapainya kesejahteraan SDM farmasi di Pariaman.

Cara Bergabung Menjadi Anggota PAFI Pariaman

Melihat manfaat yang diberikan mampu menunjang peningkatan karir kamu sebagai ahli farmasi, tidak salah mempertimbangkan untuk bergabung dengan PAFI Pariaman dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web resmi PAFI Pariaman di https://pafipariaman.org/ .

  2. Klik menu “Anggota” kemudian klik submenu “Registrasi”.

  3. Klik dan isi formulir online dengan benar sesuai data diri.

  4. Selesai itu klik “Kirim” untuk menyelesaikan pendaftaran.

  5. Cek email dan tunggu email verifikasi dari PAFI. Klik link yang diberikan untuk konfirmasi email kamu.

  6. Lalu kembali lagi ke website PAFI dan lakukan login. Klik menu “Anggota” dan pilih “Login Anggota”. 

  7. Masukkan email dan password yang sebelumnya kamu daftarkan. Klik “Login”. Kamu akan diarahkan ke halaman member area website PAFI.

Dengan mengikuti langkah diatas, kamu sudah menyelesaikan proses registrasi menjadi anggota PAFI, khususnya PAFI Pariaman. Selamat ya, kamu berhasil bergabung menjadi anggota PAFI!


Berpartisipasi lah dengan aktif pada kegiatan PAFI agar memaksimalkan manfaat dari organisasi PAFI, dan juga sebagai penunjang kesejahteraan dan perkembangan karir kamu sebagai ahli farmasi.

Tidak ada komentar

Mari berbagi pendapat dari sudut pandang mu melalui komentar di bawah ini