Selasa, 03 November 2020

Meriahnya Ultah ke-4 Komunitas Blogger Perempuan Banjarmasin

Bergabung sejak tahun 2018, ini pertama kalinya aku ikut event ulang tahun bersama para member komunitas blogger perempuan pertama dan satu-satunya di Kalimantan Selatan, Female Blogger of Banjarmasin. Masa pandemi nggak jadi alasan untuk nggak mengadakan event, selaras dengan tema unstoppable creation dan dresscode maroon, juga berkat kemudahan teknologi kami tetap bisa bertatap muka secara virtual. Say hello to all member FBB..



"Menemukan circle yang tepat untuk mengembangkan diri adalah hal penting, termasuk saat memutuskan menseriusi blog ini."


Kemeriahan Puncak Acara Ulang Tahun ke-4 Female Blogger of Banjarmasin Bertabur Hadiah


Tanggal lahir FBB sebenarnya jatuh pada tanggal 6 Oktober, tapi puncak acaranya pada hari Minggu 11 Oktober dan satu minggu sebelum acara, para member yang berpartisipasi dikumpulkan di grup tersendiri untuk menerima briefing mengenai rangkaian acara.


Baca juga : Review Buku Banjar Female Blogger Stories


Panitia sendiri juga memberi bocoran mengenai hadiah serta doorprize menarik selama jalannya acara Minggu nanti. Salah satunya doorprize untuk partisipan ter-on time. Hehehe aku semakin semangat untuk berburu doorprize nih, kan lumayan buat nambahin isi goodie bag.


Terselenggaranya event ultah bertabur hadiah ini tidak lain berkat dukungan dari 9 sponsor dan 1 media partner :

  1. Mirabella Cosmetics

  2. Clean Well Banjarmasin

  3. Gloskin Banjarmasin

  4. Tupperware Palma Tika Raya

  5. Kebabblasan Banjarmasin

  6. Summer Bed & Breakfast

  7. Ambeer.le hijab

  8. 57 Kitchen

  9. My Radio Banjarbaru (media partner)

Juga berkat kerja keras panitia yang rela lembur.  Meskipun diadakan online, tapi nggak mengurangi esensi dari kemeriahan acara ini. Aku aja masih nggak bisa move on huhu, terima kasih kalian semuaaa.


Pas hari H, aku udah stand by dari jam 9 biar jadi peserta ter-on time padahal acara baru dimulai setengah jam lagi. Terniat emang wkwk


Sayangnya saat masuk ke ruang virtual koneksi internet cukup buruk, alhasil bukan aku yang jadi peserta ter-on time. Yah, melayang sudah satu hadiah.


Baca juga : Review Mirabella Kosmetik


Acara berlanjut dengan sambutan dari ketua panitia sekaligus ketua komunitas blogger perempuan (FBB) tahun 2020-2021 yaitu Kak Putri Santoso. Dilanjutkan kemudian sambutan dari ibu founder kita, Mbak Ruli Retno.



Belajar SEO on Page Bersama Mas Irwin


Ada 2 pemateri yang mengisi acara hari ini. Untuk materi pertama, fundamental seo on page diisi oleh Irwin Andriyanto atau yang akrab disapa Mas Irwin, seorang SEO Strategic sekaligus owner kelas growthing hits dikalangan para blogger.



Kata Mas Irwin, penting untuk seorang blogger paham SEO agar bisa meningkatkan traffic blognya. Ada 3 jenis SEO yang bisa dipelajari, tapi khusus untuk SEO on page sendiri lebih menitikberatkan pada 'inner beauty' yang ada diblog kita.


Adapun 5 parameter dalam SEO on page yang perlu diperhatikan, yaitu :

  1. URL

  2. Title

  3. Description

  4. Heading

  5. Image

Selain itu, kami juga diberitahu beberapa pilihan tools check SEO yang kesemua nama toolsnya masih asing bagi ku huhu. Kayanya aku emang harus ikut kelas growthingnya Mas Irwin nih.


Baca juga : Helka's Blog Journey


Serunya saat kelas akan selesai, ada kuis berhadiah dari panitia yang pertanyaannya diberikan langsung oleh Mas Irwin. Setelah menemukan Mbak Diah sebagai pemenang, Mas Irwin juga ngasih bonus slot kelas growthing blogger tanpa tes. Huaaa beruntung sekali..


Materi pertama pun selesai, sambil nunggu sesi kedua, panitia ngasih ice breaking dulu dan lagi-lagi ada hadiah untuk yang bisa menebak dengan benar. Wow, benar-benar bertabur hadiah ulang tahun FBB kali ini.



Optimasi Instagram untuk Blogger/Influencer/Reviewer bersama Niko Julius


Kemudian materi kedua diisi oleh Niko Julius. Hayo, namanya nggak asing kan? Pernah liat instagram bynikojulius muncul di ads instagram kalian nggak?



Yep, beliau ini adalah instagram expert yang juga ngajar beberapa kelas optimasi instagram. Kalian bisa cek ig nya kalo tertarik untuk belajar lebih mendalam mengenai optimasi instagram.


Pada sesi ini lebih ke tanya-jawab, karena untuk meningkatkan traffic di instagram sendiri beda dengan blog yang harus menerapkan SEO dulu. Kalo instagram lebih mengutamakan kualitas konten dan branding supaya memudahkan orang-orang menemukan informasi yang mereka cari di akun kita.


Tips lain dari Niko, kita juga harus paham audience kita, tipe konten seperti apa yang mereka suka, waktu kapan mereka lebih banyak aktif. Ah, pokoknya materi yang disampaikan relate sekali dengan kegelisahan para blogger ketika ingin posting di instagram.


Niko juga memberi saran aplikasi untuk mengatasi masalah nggak pede atau suka ngeblank kalo ngomong didepan kamera, solusinya adalah bigvu. Cara kerjanya, kita hanya perlu menulis apa yang ingin disampaikan pada fitur tersedia untuk nulis teks. Kemudian rekam videonya dan teks yang kita tulis tadi pun muncul dilayar hp. Kita bisa ngomong selancarnya deh, kayak vlogger berpengalaman.


Tentunya setelah materi kedua selesai, ada kuis berhadiah lagi. Seperti biasa, aku masih saja belum dapat hadiah dari kuis hari ini wkwk


Gagal deh berburu doorprize.


Baca juga : Tips Make Up Selama Pandemi



Rangkaian Acara Ulang Tahun ke-4 Komunitas Blogger Perempuan Banjarmasin


Setelah acara selesai, ada pengundian hadiah lagi melalui random pick yang disiarkan langsung di Official IG femaleblogger.bjm dan seperti bisa ditebak, aku gagal lagi. Huhuhu


Selalu gagal jadi pemenang kuis & random pick, nggak membuat ku berkecil hati karena masih banyak rangkaian acara lain dalam memeriahkan ulang tahun ke-4 komunitas blogger perempuan Banjarmasin ini. Masih tetap optimis ceritanya.


Aku baru bisa tersenyum lepas setelah beberapa minggu kemudian melihat pengumuman pemenang caption ucapan ultah & kesan pesan terbaik. Aku jadi salah satu pemenang bersama dengan Mbak Nope. Ihiiyy..


Ada juga lomba blog FBB Kolaborasi yang masih menunggu pengumuman tanggal 6 November 2020 nanti.



Dan buat kalian yang pengen juga kebagian doorprize dari ulang tahun FBB, ada giveaway untuk umum loh. Silakan cek IG femaleblogger.bjm yah, masih berlaku sampai tanggal 8 November 2020. Gercep gaes.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar